Wakil Ketua SDM dan Diklat Kadin Kabupaten Bekasi Ingin Ketua dari Pengusaha

Yaya Ropandi

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bekasi akan melakukan musyawarah pada 17 Februari besok di Hotel Horison, Jababeka. Agenda utama dari kegiatan tersebut yakni mengadakan pemilihan ketua Kadin untuk periode berikutnya.

Wakil Ketua SDM dan Diklat Kadin Kabupaten Bekasi, Yaya Ropandi, mengatakan pemilihan ketua organisasinya nanti dibuka secara umum. Namun pihaknya mengutamakan calon ketua baru berasal dari kalangan pengusaha di Kabupaten Bekasi.

Untuk pendaftaran calon ketua Kadin Kabupaten Bekasi dibuka mulai 10 Februari kemarin selama empat hari ke depan.

“Berdasarkan landasan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987, tentang Kadin dan Keppres Nomor 17 tahun 2010 tentang ADRT Kadin, maka kita akan lakukan pemilihan ketua baru pada 17 Februari nanti,” ungkap Yaya.


Disinggung soal keanggotaan Kadin, Yaya mengatakan kalau di Kabupaten Bekasi minin anggota. Karena dari ribuan perusahaan yang terdapat di Kabupaten Bekasi, hanya ratusan yang menjadi anggota Kadin Kabupaten Bekasi.

“Banyak perusahaan belum jadi anggota Kadin di sini. Karena banyak perusahaan di Kabupaten Bekasi, yang menjadi anggota Kadin di pusat. Padahal saya kira, bila mereka urus keanggotan di kita itu sangat penting, karena bila ada masalah (di Kabupaten Bekasi) mereka tidak harus ke pusat dan pasti akan kita bantu. Dari 4.000 perusahaan, baru sekitar 300-an yang jadi anggota,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kadin Kabupaten Bekasi, Obing Fachrudin mengatakan ketua yang baru akan mengemban amanah selama lima tahun ke depan. Oleh sebab itu, kata dia, calon ketua diutamakan berasal dari kalangan pengusaha dan memahami peta perindustrian di Kabupaten Bekasi.

“Ya pengusaha yang ada di Kabupaten Bekasi dan terdaftar sebagai anggota (Kadin),” ucapnya. (dho)