Spesialis Pencurian Rumah Kontrakan di Cikarang Dibekuk

Ilustrasi Maling

POJOKJABAR.com, CIKARANG SELATAN – Pelaku spesialis pencurian di rumah kontrakan yang selama ini meresahkan warga tertangkap. Pelakunya adalah A (21), warga Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara.

A ditangkap pada Rabu (10/2) kemarin sekitar pukul 05.00. Ia ditangkap usai mencuri di sebuah rumah kontrakan di Kampung Pasirkonci RT 18/06, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan.

Jeckson Sidabutar, korban pencurian menuturkan, saat pencurian terjadi dirinya sedang tertidur di dalam rumah kontrakannya. Ia merasa sudah menjadi korban pencurian saat melihat pintu rumahnya terbuka dan ada barang berharganya yang hilang.

Polsek Cikarang Selatan yang mendapat laporan langsung meluncur ke rumah kontrakan korban dan melakukan olah TKP. Berselang beberapa menit, pelaku pencurian akhirnya tertangkap di dekat lokasi kejadian.


“Tak lama kemudian petugas berhasil mengamankan pelaku yang diduga telah melakukan pencurian sebuah laptop merek Toshiba 14 inci,” ujar  Kapolsek Cikarang Selatan, Kompol Ardi Rahananto.

Saat ini pelaku diamankan di Polsek Cikarang Selatan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Ia dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan.

Dari kejadian ini, Ardi mengimbau kepada warga agar waspada terhadap lingkungan sekitarnya. Kata dia, jangan membiarkan pintu rumah terbuka saat penghuni beristirahat.

“Juga tidak meninggalkan kunci rumah atau kamar kosan. Selain itu, jika rumah atau kosan ditinggal beberapa waktu agar dititipkan kepada teman kosannya atau orang yang bisa dipercaya untuk ikut menjaga,” pesannya.

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Selatan, AKP Wito, menambahkan, tersangka A merupakan residivis dengan kasus yang sama. A pernah ditahan di Lapas Bulakkapal Kota Bekasi.

“Sebelumnya pelaku pernah divonis satu tahun enam bulan penjara di Lapas Kelas II A Bulakkapal,” katanya. (dho)