Ratusan Siswa SMAN 2 Kota Bekasi Simulasi UNBK

Siswa SMAN 2 Bekasi menjalani simulasi UNBK. (Dok. Radar Bekasi)

POJOKJABAR.com, BEKASI – Ratusan siswa kelas XII SMAN 2 Kota Bekasi,  mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kemarin. Simulasi ini sebagai upaya untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) pada April mendatang.

Simulasi tersebut dilaksanakan selama enam hari. Setiap harinya, siswa akan mengerjakan satu soal dalam satu hari dengan durasi waktu 120 menit. Pada UN tahun ini, SMAN 2 Kota Bekasi untuk pertama kalinya akan melaksanakan UN berbasis Computer Based Test (CBT).

Kepala sekolah SMAN 2 Kota Bekasi Ekowati mengatakan, simulasi UNBK tersebut bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara teknis agar tidak merasa asing dengan UNBK pada pelaksanaan UN nanti.

“Jadi simulasi yang kita lakukan ini, selain pengenalan kepada siswa, kita juga memastikan apakah jaringan yang di gunakan stabil atau tidak, karena ini baru pertamanya di SMAN 2 Kota Bekasi,” ujarnya.


Lebih jauh Ekowati menambahkan, kesiapan yang di siapkan SMAN 2 Kota Bekasi untuk UNBK ini sudah 100 persen dari mulai unit komputer serta jaringan. Hanya tinggal  beberapa persiapan yang harus dipenuhi.

“Kesiapan kita untuk UNBK ini sudah 100 persen, komputer yang digunakan juga ada sekitar seratus unit lebih, tinggal penyusuaian jaringan saja yang terus kita monitor khawatir takut ada trouble karena memang yang namanya menggunakan teknologi pasti ada mis, maka dari itu saat ini kita terus sempurnakan,” paparnya.

Sejauh ini, ujarnya, belum ada kendala berarti, hanya saja, dia berharap ada kerjasama yang baik antara pemerintah dan PLN sehingga tidak melakukan pemadaman listrik. “Yah,,,kalau PLN melakukan pemadaman saat UN nanti maka akan merugikan siswa. Kita berharap ada kerjasama dan saling koordinasi yang baik sehingga UN berbasik komputer nanti akan berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Untuk sekedar di ketahui, di hari pertama simulasi UNBK di SMAN 2 kota Bekasi para siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia dengan durasi waktu 120 menit dalam satu hari. (ran)