Lelang Jabatan Sekda Kabupaten Bekasi Tahap Akhir, Uju, Jamaludin, dan Daryanto Lolos?

Foto Kiri Daryanto, Tengah Jamaludin, Kanan Uju

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Tahapan lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi sudah memasuki tahap akhir. Dari enam nama pejabat yang menjadi peserta, tiga di antaranya lolos dan sudah diserahkan ke tangan Bupati Bekasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Beksi, Carwinda, membenarkan kalau jumlah peserta lelang jabatan sudah mengerucut menjadi tiga orang. Namun ia enggan menyebut nama-nama yang lolos tersebut.

“Ya memang sudah ada tiga nama hasil seleksi, tapi siapa-siapanya saya belum bisa menjelaskan sekarang, tapi itu (tiga nama calon sekda) sudah diserahkan ke bupati,” ucap Carwinda saat dihubungi Radar Bekasi.

Meski mengaku tidak mengetahui nama-nama yang lolos tahap akhir, namun beredar kabar ada tiga nama yang disebut-sebut sudah diajukan ke bupati. Mereka adalah Kepala Dispenda Uju, Asda I Jamaludin, dan Kepala Distarkim Daryanto.


Menanggapi tiga nama yang ramai dibicarakan itu, Carwinda enggan berkomentar. Ia hanya mengatakan akan mengumumkan nama calon sekda setelah ada keputusan dari bupati.

“Kita akan umumkan nanti, terutama yang akan menjadi sekda hasil dari panitia seleksi,” ujarnya.

Terpisah, akademisi Unisma Bekasi, Harun Alrasyid, mengatakan kalau Bupati Bekasi harus jeli dalam memilih sekda. Karena jabatan sekda sejatinya memiliki tugas untuk membantu manajemen pemerintahan.

“Jadi sekarang sudah ada tiga nama calon sekda yang disodorkan ke bupati, dan bupati bisa melihat kapasitas dan kapabilitas nama-nama tersebut, dan ini harus jeli bupati menentukannya,” ungkapnya.

Harun memberikan saran kriteria untuk calon sekda. Kata dia, calon sekda Kabupaten Bekasi berikutnya harus memiliki kapasitas dan kapabilitas yang lebih baik dari sebelumnya.

“Ini yang harus dipikirkan matang oleh bupati, meskipun ada faktor lain yang pernah saya katakan yaitu like and dislike atau faktor uang,” ungkapnya. (dho)