SMKN 5 Bekasi Rangsang Minat Baca

BACA BUKU: Siswa SMKN 5 Kota Bekasi saat membaca buku di perpustakaan sekolah.FOTO:RANDY/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, BEKASI – SMKN 5 Kota Bekasi mempunyai cara tersendiri untuk meningkatkan minat baca kepada anak-anak didiknya, cara yang dilakukan yakni dengan memberikan tugas  reverensi buku yang diberikan kepada siswa.

Cara tersebut ternyata ampuh, karena para siswa akan mencari dan membaca buku yang berkaitan dengan tugas mereka. Sehingga, siswa dipaksa untuk membaca buku sesuai dengan tugas yang diberikan.

Kepala Sekolah SMKN 5 Kota Bekasi Agus Wimbadadi mengaku, pihaknya mengedepankan keterampilan dan minat baca kepada siswa. Dia menyadari, saat ini minat baca di kalangan siswa menurun, maka dari itu pihak sekolah harus kreatif untuk merangsang minat baca siswa.

“Kita tidak hanya mengekedepankan skill saja, tetapi minat baca juga kami ke depankan.Kami mempunyai cara tersendiri, yaitu memberikan tugas kepada siswa dengan beberapa referensi buku,” ujarnya.


Lebih jauh Agus menambahakan, dengan memacu minat baca kepada para siswa bisa mengurangi keterbatasan wawasan para siswa. Meskipun saat ini banyak alat teknologi yang canggih seperti smartphone, akan tetapi buku bisa menjadi salah satu referensi membaca.

“Saya pastikan, dengan membaca buku para siswa pastikan mendapatkan hal yang baru, kalau menggunakan smartphone pasti terbatas materi yang didapat, kalau dengan buku para siswa bisa mengetahui apa saja yang belum di ketahui,” ungkapnya.

Agus mengatakan, dengan meningkatkan minat baca, SMKN 5 Bekasi mampu mendukung pemerintah Kota Bekasi untuk meningkatkan minat baca kepada pelajar lainnya.

“Pemerintah Kota Bekasi saat ini mempunyai program minat baca kepada anak. SMKN 5 Kota Bekasi sangat mendukung sekali program tersebut. Karena dengan membaca, akan banyak ilmu yang didapat,” paparnya. (ran)