Toshiba Hengkang, Kawasan Industri di Cikarang Ini Kena Dampak

TUNGGU JEMPUTAN: Karyawan PT Toshiba tetap bekerja seperti biasa meski perusahaan tempatnya bekerja dikabarkan akan tutup pada Maret 2016.FOTO:CF6/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – PT Toshiba Consumer Products Indonesia dan PT Panasonic dikabarkan akan tutup. Dua perusahaan raksasa elektronik yang berada di Kawasan Industri EJIP, Cikarang Selatan itu diduga tidak sanggup membayar upah buruh dan biaya produksi karena melambungnya nilai tukar dollar Amerika terhadap rupiah.

Dari dua perusahaan itu, PT Toshiba disebut-sebut akan hengkang dari Kawasan Industri EJIP Cikarang Selatan. Kabar hengkangnya perusahaan asal Jepang itu diakui membawa dampak terhadap kawasan industri tersebut.

HRD PT EJIP Cikarang, Yosminaldi, mengakui kalau hengkangnya PT Toshiba akan berpengaruh terhadap pengelola kawasan industri. Dari sekian banyak item yang berpengaruh di antarnya ialah industrial water yang dikelola pihak kawasan industri.

“Sedikit banyaknya ya berpengaruh ke EJIP juga seperti penggunaan industrial water. Kita kan belum tahu berapa penggunaan industrial water di perusahaan baru nanti,” jelasnya.


Lelaki yang biasa disapa Yos itu mengaku sudah berkomunikasi dengan HRD PT Toshiba. Sayangnya, belum ada penjelasan secara rinci soal kabar hengkangnya perusahaan raksasa elektronik tersebut.

“Saya telpon HRD-nya, kata HRD-nya yang di sini tidak tahu apa-apa, sebab itu kebijakan pusat,” katanya.

Namun begitu, Yos mendapat informasi kalau PT Toshiba akan diakuisisi oleh perusahaan lain dan tetap berada di Kawasan Industri EJIP, Cikarang Selatan. Kata dia, nantinya buruh perusahaan tersebut akan dipekerjakan kembali di perusahaan yang baru.

“Tentunya diseleksi ulang lagi, dan memang banyak karyawan yang akan diterima lagi,” ujarnya.

Masih Yos, kabar hengkangnya PT Toshiba dan tutupnya PT Panasonic diyakini tidak akan memengaruhi iklim investasi di kawasan industri. Ia menjamin hingga saat ini kondisi investasi masih normal.

“Kan tahun lalu juga ada (perusahaan yang tutup), karena ini perusahan raksasa memang menjadi sorotan publik, apalagi penutupan ini sudah diriliris sebelumnya,” katanya.

“EJIP kan kawasan industri besar, kita berharap tidak ada lagi yang hengkang, makanya perlu kestabilan ekonomi dan juga dukungan dari pekerja yang merupakan ladang mencari uang,” sambungnya.

Sebelumnya, dua perusahaan elektronik PT Toshiba Consumer Products Indonesia dan PT Panasonic dikabarkan sudah mem-PHK ratusan karyawannya. Dua perusahaan yang berada di Kawasan Industri EJIP, Cikarang Selatan ini tutup karena berbagai alasan, di antaranya karena tingginya biaya upah buruh. (dho)