Galaksi, Wadah Kreativitas Siswa

UNJUK KREATIVITAS: Para siswa saat unjuk kebolehan dalam kegiatan Gelar Aksi Karakter Siswa Indonesia 2015, kemarin.

UNJUK KREATIVITAS: Para siswa saat unjuk kebolehan dalam kegiatan Gelar Aksi Karakter Siswa Indonesia 2015, kemarin.

POJOKJABAR.COM, BEKASI – Ratusan pelajar di Kota Bekasi, unjuk kebolehan dalam kegiatan Gelar Aksi Karakter Siswa Indonesia (Galaksi) 2015 di gedung Islamic Center, Kota Bekasi, Senin (21/9). Dalam kegiatan tersebut, menampilkan berbagai kesenian Sunda, Jawa Barat di antaranya kaulinan Sunda dan kesenian khas Sunda lainnya.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Rudi Sabarudi, diikuti oleh 33 sekolah SMA se-Kota Bekasi. Selain menampilkan berbagai kesenian khas Jawa Barat, Galaksi 2015 juga menggelar berbagai perlombaan di antaranya MTQ , film dokumenter, debat bahas Indonesia, karya tulis, dan cipta lagu Sunda.

Kepela Dinas Pendidikan Kota Bekasi Rudi Sabarudin mengatakan, acara Galaksi ini, bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya Jawa Barat di Kota Bekasi dan mengajarkan tentang budaya Jawa Barat kepada para siswa SMA Kota Bekasi.

“Kenapa kita menampilkan budaya Jawa Barat, karena Bekasi merupakan daerah yang mempunyai ragam budaya (akulturasi multi etnik) antara Sunda dan Betawi. Maka dari itu kami gelar Galaksi ini agar anak-anak sekolah yang ada di Kota Bekasi mengenal budaya Jawa Barat,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini dia berharap para siswa di Kota Bekasi bisa lebih mencintai budaya Bekasi yang isinya, seperti budaya Sunda dan Betawi.

“Kalau misalnya kegiatan ini rutin dilakukan minimal setahun sekali, saya rasa bisa membuat siswa yang ada di Kota Bekasi bisa mengenal budaya yang ada di Kota Bekasi, dan kegiatan ini juga bagus untuk meningkatkan kreativitas siswa,” pungkasnya. (ran)

Feeds