Yakin PNS Tak Memihak Incumbent

Idham Holik
Idham Holik
Idham Holik

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi menilai jika Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa menjaga netralitasnya dalam menghadapi tahun politik mendatang. Bahkan PNS di lingkup pemerintahan daerah dianggap sudah mampu menjaga sikapnya itu saat pilkada tahun sebelumnya.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik mengatakan, independensi dari PNS di Kabupaten Bekasi sudah dibuktikan di Pilkada 2012 lalu.

“Saya pikir, pilkada tahun 2017 bukan yang pertama, saya punya keyakinan bahwa PNS Kabupaten Bekasi bisa menjaga netralitas dan independensinya,” ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PNS dilarang untuk berafiliasi ke salah satu pasangan calon yang berlaga di pilkada mendatang. Termasuk, pasangan calon bupati dan wakil bupati incumbent.


“Yang PNS punya itu hak memilih karena dia kan aparatur negara. Tidak independen saat di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS),” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, beberapa daerah seperti di Kota Depok, Jawa Barat, PNS diperkenankan untuk berpartisipasi dalam kampanye pilkada. Namun, PNS tidak diperkenankan untuk menggunakan aset negara dan memobilisasi massa. (neo)