Petugas Larang Aturan Ini pada Jamaah Haji

KOL 1LOGO HAJI copy

POJOKSATU.id, BEKASI – Selain ancaman tindak kriminal saat menjalani ibadah haji, calon jamaah haji (calhaj) juga harus mewaspadai terjangkitnya virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Sehingga petugas haji melarang para jamaah melakukan selfie dengan hewan gurun pasir ini.

Namun, jamaah tidak perlu takut terjangkit asal selalu mengunakan masker saat berada di kumpulan jutaan jamaah haji lainnya. Sehingga tidak mengganggu jalannya ibadah haji.

Tim kesehatan embarkasi Jakarta Bekasi, Syoviatul Yadaini, mengungkapkan calon jamaah haji sudah divaksinasi meningitis, influenza, dan pneumonia. Sehingga sudah memiliki benteng dari terjangkitnya virus yang dikenal sebagai virus unta.


“Jamaah haji sudah divaksinasi agar memiliki antibodi yang kuat. Namun tetap saja harus kita sendiri yang menjaga kesehatan, seperti tidak kurang tidur, selalu bawa pembersih tangan, jangan berada di kumpul onta apalagi selfie dengan unta. Sebab, kita tidak tahu kondisi kesehatan hewan itu,” ungkapnya kepada Radar Bekasi.

Bagi jamaah calon haji yang masuk risiko tinggi maupun lanjut usia, sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi lengkap. Terlebih mayoritas jamaah haji yang berangkat dari embarkasi Jakarta Bekasi sudah lanjut usia.

Informasi yang dihimpun Radar Bekasi, salah satu sumber virus MERS berasal dari hewan berpunuk tunggal. Biasanya orang yang terjangkit akan mengalami sesak nafas, batuk disertai diare dan demam tinggi menjadi petunjuk umum. Sementara penularan manusia dari manusia bisa diminimalisasi. (dat)