Petani Terima 14 Unit Mesin Pompa

PERIKSA MESIN: Seorang petani terlihat sedang memeriksa mesin pompa yang diberikan melalui bantuan Kementerian Pertanian RI. Bantuan tersebut diberikan dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam masalah kekeringan.
PERIKSA MESIN: Seorang petani terlihat sedang memeriksa mesin pompa yang diberikan melalui bantuan  Kementerian Pertanian RI. Bantuan tersebut diberikan dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam masalah kekeringan.
PERIKSA MESIN: Seorang petani terlihat sedang memeriksa mesin pompa yang diberikan melalui bantuan Kementerian Pertanian RI. Bantuan tersebut diberikan dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam masalah kekeringan.

POJOKSATU.id, TAMBUN UTARA – Kelompok tani di Kecamatan Tambun Utara bisa sedikit bernafas lega setelah menerima bantuan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian. Sebanyak 14 unit mesin pompa dengan ukuran enam inci dibagikan dan merupakan jumlah bantuan terbanyak jika dibandingkan dengan wilayah lain yang rata-rata hanya menerima empat unit.

Perwakilan dari Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, Saimin mengatakan, pertanian di Kecamatan Tambun Utara mengalami fase kritis. Padahal air bisa dikatakan melimpah dan dia berharap bantuan pompa dapat membantu.

“Bisa dibilang kritis juga, soalnya air cukup melimpah sementara areal persawahan kok kering? Itu yang jadi pertanyaan, semoga saja pompa ini efektif,” harapnya.

Banyaknya pompa yang diberikan ke pihak kecamatan dilatar belakangi letak areal persawahan di Tambun Utara yang cenderung berada di atas permukaan air. Dimana kondisi seperti itu membuat air tidak bisa naik areal persawahan tanpa bantuan mesin.


“Setelah kita cek kita ambil kesimpulan dikarenakan areal sawah berada di atas, kalau sawah di bawah bisa saja kita tinggal sodet kali biar air bisa turun,” terangnya.

Sementara itu, Camat Tambun Utara, Sopyan Hadi, mengaku berterimakasih atas bantuan pompa yang didapat untuk petani di wilayahnya. Dia berharap petani dapat memanfaatkan dengan baik bantuan yang sudah diberikan tersebut.

“Petani harus bisa manfaatin pemberian yang sudah mereka terima, kalau hanya ditaruh di dalam rumah saja pasti akan saya sita, soalnya masih banyak petani yang butuh pompa buat ngairin sawah,” tegasnya. (ich)