Kurtilas Baru di 17 Sekolah

Agus Enap
Agus Enap
Agus Enap

POJOKSATU.id, BEKASI –  Setelah sempat ditunda, kurikulum 2013 (Kurtilas) bakal diterapkan lagi di seluruh sekolah di Kota Bekasi. Saat ini, Dinas Pendidikan Kota Bekasi sedang melakukan persiapan untuk menerapkan kurikulum tersebut.

Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi Agus Enap, mengaku saat ini baru ada 17 sekolah di Kota Bekasi yang tetap menggunakan Kurtilas di antaranya SMAN 1 Kota Bekasi, SMAN 9 Kota Bekasi, SMAN 13 Kota Bekasi dan SMAN 14 Kota Bekasi. Sementara selebihnya, kembali ke kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006.

“Secara bertahap sekolah di Kota Bekasi akan diterapkan kurikulum tahun 2013, dan saat ini sudah ada 17 sekolah di Kota Bekasi menerapkan kurikulum 2013, akan tetapi pada tahun depan sekolah di Kota Bekasi semua menggunakan kurikulum 2013,” ujarnya.

Lebih jauh Agus menambahkan, perbedaannya Kurtilas yakni mata pelajarannya lebih ke kreativitas untuk siswsa. Sementara dalam rapot juga ada perbedaan, yakni isinya menggunakan angka tidak ada huruf lagi.


“Jadi di kurikulum 2013 ini anak-anak dituntut untuk kreatif dalam segi apa pun, selain rapot yang berbeda mata pelajaran pun ada penambahan jam. Misalnya siswa itu harusnya pulang jam 12.00 dengan adanya kurikulum 2013 siswa pulang 12.20 WIB dan itu sudah diatur,” paparnya.

Sementara sekolah  swasta, lanjut Agus belum ada yang menerapkan kurikulum 2013, namun akan bertahap akan diterapkan juga.”Untuk sekolah swasta belum ada yang diterapkan, akan tetapi secara bertahap sekolah swasta juga akan diterapkan kurikulum 2013,” pungkasnya.(ran)