Cegah Penularan AIDS Dimulai dari Usia Dini

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, TAMBUN UTARA – Banyak orang berpikiran seorang pengidap HIV/AIDS apabila sedang mengandung akan menularkan penyakitnya kepada si anak.

Menurut Kepala Puskesmas Sriamur, dr. Alamsyah, meski orang tua memiliki riwayat penyakit HIV, bukan berarti anaknya mendapatkan penyakit yang sama seperti orang tuanya.

Dikatakan juga olehnya, untuk menentukan si anak tertular atau tidak, harus melakukan pengecekan pada saat anak tersebut berusia satu tahun lebih.

“Tetap ada dua kemungkinan, nggak serta merta si anak dipastikan tertular juga. Baru bisa kita bilang dia tertular atau tidak pun kita masih harus menunggu sampai si anak berusia 18 bulan untuk pengecekan,” terangnya.


Untuk menghindari penularan HIV/AIDS ke bayi, harus ada perlakuan khusus ketika melakukan persalinan. Menurutnya, untuk memperkecil risiko si anak ikut mengidap HIV, persalinan tidak bisa dilakukan secara normal.

“Pada saat persalinan, si ibu harus melakukan operasi cesar untuk menghindari kemungkinan si anak mengidap HIV seperti ibunya. Soalnya kalau lewat normal, si anak akan terkena cairan ketika proses tersebut dan malah jadi memperbesar kemungkinan terinfeksinya si anak,” pungkasnya. (ich)