BPLH Mengaku Tak Tahu Kondisi Alun-alun

TIDAK TERTATA: Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Alun-alun yang berada di depan Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi, Jumat (28/8), tidak tertata dengan rapi (semrawut). ARIESANT/RADAR BEKASI
TIDAK TERTATA: Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Alun-alun yang berada di depan Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi, Jumat (28/8), tidak  tertata dengan rapi (semrawut). ARIESANT/RADAR BEKASI
TIDAK TERTATA: Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Alun-alun yang berada di depan Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi, Jumat (28/8), tidak tertata dengan rapi (semrawut). ARIESANT/RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, BEKASI – Keberadaan para pedagang kaki lima (PKL) di Alun-alun Kota Bekasi yang berlokasi di depan Masjid Agung Al-Barkah, Margajaya,  semakin semrawut saja tanpa ada penataan dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH).

Padahal, Alun-alun tersebut merupakan salah satu jantung Kota Bekasi sebagai lokasi bagi masyarakat untuk bersantai bersama keluarga. Namun saat ini, keberadaannya malah dimanfaatkan oleh PKL.

Pemerhati Kebijakan Pemerintah Kota Bekasi, Didit Susilo menuturkan, keberadaan Alun-alun itu saat ini menjadi sebuah tolak ukur kalau penataan kotanya buruk. Selain parkiran yang tidak memadai, PKL yang ada juga amburadul.

”Seharusnya Alun-alun ini ditata dan dikelola dengan baik, sehingga bisa mencerminkan kerapian kota. Selain keberadannya persis di depan tempat ibadah, lokasi tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan kalangan pelajar sebagai tempat yang positif,” kata Didit.


Dengan luas lokasi Alun-alun yang cukup memadai, BPLH seharusnya bisa menata dengan baik. Apalagi di sana juga ada sejumlah kantor pelayanan publik seperti, Polresta Bekasi Kota, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Kodim, dan RSUD.

Menanggapi hal itu, Sekretaris BPLH, Narlisman beralasan kalau pihaknya sebatas memberikan izin terkait penggunaan lahan yang berada di Alun-alun tersebut. Namun untuk keberadaan PKL yang berada di lokasi tersebut,  pihaknya tidak pernah mengontrol.

”Memang sesuai Surat Keputusan (SK) Wali Kota Bekasi, BPLH menjadi penanggung jawab penataan Alun-alun. Dan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami. Sehingga ke depan bisa dilakukan penataan dengan baik,” janjinya. (and)