20 Calhaj Belum Memiliki VISA

KOL 1LOGO HAJI copy

POJOKSATU.id, BEKASI – Panitia Persiapan Ibadah Haji (PPIH) asrama haji Jawa Barat mencatat, sebanyak 20 calon jamaah haji di embarkasi Jakarta – Bekasi belum memiliki visa dan terancam tertunda keberangkatannya.

Sekretaris Asrama Haji Jabar Ajam Mustajam mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan komunikasi dengan Saudi terkait proses penerbitan visa bagi calon jamaah haji.

“Visanya masih dibuat di Saudi. Sebenarnya visanya sudah jadi, tapi karena ada masalah seperti di foto dan identitas jamaah belum lengkap akhirnya direvisi,” kata Ajam Jumat (28/8).


Sedangkan terkait keberangkatan calon jamaah tersebut, menurut Ajam, tidak berpengaruh terdahap penundaan karena belum memiliki visa. Karena menurut Ajam, calhaj yang visanya belum keluar, berada di kloter akhir, sehingga masih ada waktu untuk revisi visa.

“Kebetulan mereka itu, di kloter – kloter terakhir jadi tidak ada penundaan pemberangkatan. Ini dua – tiga hari lagi visa sudah jadi,” ungkapnya.

Sementara itu, hingga kloter 17 di asrama haji Jabar embarkasi Jakarta – Bekasi, sedikitnya 60 calon jamaah haji gagal berangkat.

Itu disebabkan, berbagai faktor yakni karena sakit atau meninggal dunia. “Jadi kalau ada kursi kosong, nanti bisa diisi oleh calon jamaah haji cadangan. Di Jabar ada 1001 calon jamaah haji cadangan,” imbuh Ajam.

Sementara, bukan hanya jamaah calon haji yang terkena dampak keterlambatan visa. Pembuat gelang identitas haji pun harus merevisi gelang identitas jamaah haji. Pasalnya, konfigurasi kloter jamaah calon haji membuat penamaan kloter berubah-ubah. (dat)