BPPKB Tak Punya Data Kekerasan Anak

Encep S Jaya
Encep S Jaya
Encep S Jaya

POJOKSATU.id, TAMBUN SELATAN – Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB), Encep S Jaya mengklaim jika tingkat kekerasan terhadap anak di Kabupaten Bekasi minim. Namun ia mengaku tidak memiliki data terkait jumlah tingkat kekerasan di wilayahnya.

“Memang datanya belum terkumpul semua tapi tidak terlalu banyak makanya kita akan koordinasi dengan Unit Perempuan dan Anak di Polresta Bekasi,” ucap Encep saat ditemui usai launching Gerakan Nasional Anti Kekerasan Seksual pada Anak (AKSA) di Desa Tridayasakti, Kamis (27/8).

Encep mengaku jika setelah launching gerakan tersebut pihaknya bakal berkoordinasi dengan polisi untuk mendapatkan data kasus kekerasan anak. Setelah datanya terkumpul, sambung dia, akan diserahkan ke Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

“P2TP2A ini diketuai oleh istri Wakil Bupati, Ibu Ani Mintareja yang memang sebelumnya juga menjabat ketua PKK Kabupaten Bekasi,” jelasnya.


“Jadi sosialisasi dulu kemasyarakat dengan kampanye perlindungan terhadap anak supaya masyarakat bisa mengerti,” tambahnya.

Untuk kekerasan seksual terhadap anak, kata Encep, nantinya dilaporkan terlebih dulu ke Polsek dan diteruskan ke Polres. Namun jika tidak ada penyelesaian, maka kasus tersebut dilimpahkan ke provinsi atau ke tingkat pusat.

“Memang ada tahapannya bila tidak bisa menyelesaikan khasus kekerasan terhadap anak ini,” ungkapnya. (dho)