Pramuka Peduli Tak Berlaku

Hudaya
Hudaya
Hudaya

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bekasi, Hudaya memastikan jika Pramuka Peduli bukan bagian dari struktur Kwarcab. Karena organisasi itu dibentuk atas dasar kebutuhan semata.

Dikatakan Hudaya, setelah dilakukan Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub), maka kelembagaan yang terbentuk saat kepengurusan sebelumnya sudah tidak berlaku kembali. Karena struktur Kwarcab Pramuka sudah terbentuk.

“Itu kan (Pramuka Peduli) dibentuk pada saat kepemimpinan Pak Darip, maka adanya Muscablub semestinya sudah berakhir dan bentuk yang baru, ” ujarnya.

Menurut Hudaya, di Kwarcab sebenarnya sudah ada pengurus kwartir atau Andalan yang mengakomodir struktural terhadap kepedulian, seperti tanggap bencana dan peduli lingkungan. Oleh karena itu, kepengurusan Kwarcab saat ini lebih mengoptimalkan dan memaksimalkannya.


“Pramuka peduli itu kan tergantung kebutuhan bukan suatu hal yang menjadi struktur tetapi hanya alat kebutuhan saja sepanjang masih dibutuhkannya Kwarcab,” katanya.

Meski dianggap sudah tidak berlaku, namun kata Hudaya, perlu adanya pembicaraan lebih lanjut soal Pramuka Peduli dengan pimpinan. Jika dinyatakan sudah tidak butuhkan kembali, maka pihaknya hanya tinggal mengoptimalkan kepengurusan saat ini.

“Jadi nantinya kita rapatkan apakah masih membutuhkan Pramuka Peduli dan lembaga lainnya atau tidak, dan bila tidak maka kita akan optimalkan yang sudah ada,” terangnya. (dho)