Innalillahi, Dua Jamaah Haji Meninggal

DIBAWA PULANG: Salah satu jenazah jamaah haji yang meninggal di asrama haji kemarin.
DIBAWA PULANG: Salah satu jenazah jamaah haji yang meninggal di asrama haji kemarin.
DIBAWA PULANG: Salah satu jenazah jamaah haji yang meninggal di asrama haji kemarin.

POJOKSATU.id, BEKASI – Seorang calon haji asal Kabupaten Bandung, Lala Komala (40), meninggal dunia dalam perjalanan menuju Asrama Haji Bekasi, Selasa (25/8).

Diduga penyebab kematian jamaah kloter sebelas ini, lantaran kecapekan.

Lala berangkat bersama rombongan, Senin (24/8) malam. Saat rombongan beristirahat di sebuah rumah makan, Lala mendadak sakit. Hingga akhirnya tim medis memutuskan Lala menggunakan ambulans menuju asrama haji dan tiba di asrama sekitar pukul 1.30, langsung dibawa ke klinik.

Kakanwil Kemenag Jawa Barat A. Buchori mengatakan, almarhumah meninggal siang sekitar pukul 11.00 WIB di pusat kesehatan Asrama Haji Jawa Barat. Buchori menjelaskan saat tiba di asrama, almarhumah dalam kondisi sakit. Di samping itu juga kelelahan karena perjalanan jauh dari Bandung menuju embarkasi Jakarta – Bekasi.


“Informasi yang kami terima, almarhumah sakit jantung. Dan juga mungkin karena kelelahan di jalan menuju asrama haji,” kata Buchori di Asrama Haji Jawa Barat, Selasa (25/8).

Sementara, Kasi Haji dan Penyelengara Umroh Kemenag Kabupaten Bandung Asep Sopandi mengucapkan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Kami ucapkan rasa belasungkawa dan keluarga yang ditinggalkan untuk diberi kesabaran,” ungkapnya.

Lanjut Asep, berdasarkan musyawarah dengan suami korban, jenazah langsung dibawa ke RSUD Kota Bekasi dan dilanjutkan ke kampung halaman untuk dimakamkan.

Sementara suami korban akan tetap melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci yang akan diberangkatkan pada malam hari menuju bandara.

“Suaminya tetap akan berangkat ke Tanah Suci, dan untuk jenazah almarhumah akan dibawa ke kampung halamannya untuk dimakamkan,” ujar Asep.

Sebelumnya pada Senin (24/8) seorang calon jamaah kloter delapan asal Kabupaten Cirebon juga meninggal dunia di asrama.

“Kita turut berduka cita dengan kejadian ini, semoga almarhumah diampuni segala dosanya,” pungkasnya. (dat)