Yes, Sumbangan Awal Tahun Bisa Dicicil

Rudi Sabarudin
Rudi Sabarudin
Rudi Sabarudin

POJOKSATU.id, BEKASI – Dinas Pendidikan Kota Bekasi, memberikan kemudahan bagi para orangtua wali murid untuk melengkapi administrasi sekolah, salah satunya yakni Sumbangan Awal Tahun (SAT), yang selama ini dianggap memberatkan bagi siswa.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Rudi Sabarudin. Menurutnya, orangtua wali murid bisa mencicil sumbangan awal tahun di setiap sekolah hingga lima kali. Hal ini untuk memberi kemudahan bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.

“Bisa dicicil, kesepakatannya antara pihak sekolah dengan orangtua wali murid,” katanya sembari mengatakan, saat ini sudah keluar Keputusan Wali Kota (kepwal) tentang besaran sumbangan awal tahun.

Menurutnya, SAT di setiap sekolah besarannya tidak sama. Tahapan penentuan SAT, yakni antara  orangtua wali murid  dan komite sekolah. Selanjutnya komite akan mengajukan ke Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk dikoreksi sebeluam akhirnya ditetapkan.


“Seperti di SMAN 1 Kota Bekasi SAT nya Rp2.250.000. Besaran SAT tersebut hasil dari keputusan antara orangtua murid dan komite sekolah. Jadi tidak ada keputusan SAT itu ditentukan oleh sekolah, yang menentukan adalah orangtua murid dan komite sekolah,” paparnya.

Dia mengaku, sebelumnya beberapa sekolah di Kota Bekasi sudah melakukan pungutan sumabangan awal tahun, padahal Pemerintah Kota Bekasi belum menetapkan besaran SAT di setiap sekolah.

“Kalau waktu itu memang Kepwal belum disahkan, jadi kita meminta kepada pihak sekolah untuk mengembalikan uang SAT. Kalau sekarang sudah ada Kepwalnya pihak sekolah sudah bisa melakukan penarikan SAT,” ungkapnya. (ran)