Komisi C Soroti PAD Retribusi Parkir

Machrul Fallak
Machrul Fallak
Machrul Fallak

POJOKSATU.id, BEKASI – Minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir tepi jalan yang merupakan di bawah kendali Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi menjadi sorotan Komisi C DPRD Kota Bekasi.

Bahkan, sudah memasuki triwulan ketiga 2015, pendapatan retribusi parkir baru mencapai Rp95.200.000 atau 8,9 persen dari target kisaran Rp1,1 miliar. Sedangkan 2014 PAD dari sektor parkir tepi jalan tidak tercapai.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi C Machrul Fallak mengatakan, data yang dihimpun Komisi C pada tahun 2014 PAD dari retribusi parkir tepi jalan hanya mencapai Rp200.485.000 atau 12,53 persen dari target Rp1,6 miliar. Sementara untuk tahun 2015, target PAD cenderung turun, yakni hanya Rp1,1 miliar.

“Sebenarnya kehadiran parkir meter bisa menjadi salah satu upaya untuk menggenjot PAD dari sektor retribusi parkir di tepi jalan, namun hal ini masih pada tahapan uji coba. Kami berharap, semua titik parkir di tepi jalan bisa menggunakan sistem parkir meter,” ujar Machrul.


Kepala Dinas Perhubungan, Yayan Yuliana berjanji akan segera mendata seluruh parkir yang ada di Kota Bekasi. Tidak terkecuali mengecek izin usaha tiap pengelola parkir yang ada. ”Kami akan melakukan pengecekan izin parkir pihak swasta, sehingga keberadannya tidak semrawut,” jelasnya.

Namun Yayan mengakui belum tahu banyak keberadan titik parkir yang dikelola pihak swasta dan tepi jalan. Ia berlasan, karena baru menduduki posisi Kadishub.

“Saya masih butuh waktu untuk melakukan perbaikan,” tandas mantan Badan Pengelola Aset Daerah Kota Bekasi ini. (and)