Walahhhh, Penggunaan Kondom di Daerah Ini Meningkat Tajam

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG UTARA- Tren penggunaan alat kontrasepsi atau kondom di Kabupaten Bekasi terus meningkat. Fakta tersebut dapat diketahui dari data laporan Komisi Penanggulangan AIDS sepanjang tahun ini.

Pengelola Program HIV/AIDS  Kabupaten Bekasi, Ade Bawono mengungkapkan, permintaan pengguna kondom tercatat mengalami peningkatan 85 persen dari total populasi penduduk kabupaten Bekasi. “Memang untuk permintaan dan penggunaan kondom ini mengalami peningkatan 85 persen terutama pada laki-laki,” ungkapnya, Minggu (23/8).

Kepada Radar Bekasi dia menjelaskan, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi mencaat 26 ribu kondom tiap bulan dengan menyebar ke beberapa puskesmas dan outlet. Sebanyak 26 ribu kondom itu, lanjut Ade, didistribusikan dengan gratis alias cuma-cuma di setiap puskesmas serta beberapa outlet yang ditunjuk termasuk di tempat-tempat prostisusi. Sehingga data tersebut menjadi acuan adanya kenaikan atau peningkatan.

“Jadi siapa yang mengambil itu kita data, jadi semua ketahuan,” bebernya.


Menurutnya, pendistribusian kondom di outlet ataupun toko yang berada di masyarakat juga tidak diperjual belikan alias gratis. Hal itu dilakukan sebagai upaya preventif terhadap penyakit HIV/AIDS terutama kepada pencari cinta sesaat.

“Di tempat-tempat prostitusi juga kita sebar kondom secara gratis seperti di tenda biru, jadi PSK mewajibkan konsumennya saat melakukan transaksi seks,” tambahnya.

Dengan menyebar kondom di beberapa tempat, diharapkan penyebaran infeksi HIV/AIDS bisa diminimalisir lebih maksimal. (mar)