Kadishub Sebut Bukan Calo, tapi Biro Jasa

Herman Hanafi
Herman Hanafi
Herman Hanafi

POJOKSATU.id, CIKARANG UTARA – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi membantah jika instansi yang dipimpinnya itu disebut terdapat praktik percaloan, seperti yang diucapkan oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Kardin. Menurut dia, selama ini yang berkeliaran di kantornya itu merupakan biro jasa dan bukan calo.

“Ini hanya pihak ketiga, dan kami (Dishub) tidak pernah memerintahkannya untuk menawari jasa kepada masyarakat,” kata Herman.

Diakui Herman, hampir setiap hari di kantornya yang berlokasi di Cikarang Utara itu diramaikan dengan biro jasa yang menawarkan jasa kepengurusan pengujian kendaraan bermotor (KIR). Namun ia menolak jika disebut munculnya biro jasa itu lantaran dipelihara ataupun merupakan ide dari Dishub.

Herman bahkan mengaku kesulitan untuk menertibkan biro jasa yang berkeliaran di kantornya. Karena kata dia, selama masyarakat masih menggunakan biro jasa untuk pengujian KIR dan lainnya, maka biro jasa sulit untuk ditertibkan.


Ia juga mengklaim sudah berupaya semaksimal mungkin dalam pelayanan kepengurusan KIR. Seperti menyediakan mobil KIR keliling untuk memudahkan masyarakat.

“Jadi kami sudah berbuat maksimal untuk KIR ini,” katanya.

Sebaliknya, Herman menjanjikan bakal menindak tegas jika diketahui ada petugasnya yang kedapatan melakukan praktik percaloan. Bahkan ia mengajak masyarakat untuk melaporkan praktik percaloan yang dilakukan petugas Dishub, tentunya dengan bukti-bukti yang akurat.

“Kita sanksi tegas, kalau memang betul-betul melakukan praktik percaloan,” ucapnya.
Sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Kardin mengendus adanya praktik percaloan di lingkup Dishub dalam hal kepengurusan pengujian kendaraan bermotor (KIR).

Menurut dia, secara kasat mata pelayanan di Dishub terlihat tidak ada masalah sebab banyak imbauan tertulis kalimat : Hindari Calo. Tetapi kenyataanya, kata dia, masyarakat selalu dirugikan bahkan dibodohi dengan pratik percaloan di Dishub.

Jika ada indikasi kerja sama antara oknum petugas Dishub dengan calo, kata Kardin, pihaknya bakal menindaklanjuti dengan memberikan sanksi. (dho)