Bappilu DPC PDIP : Semua Hanya Klaim

Yaya Ropandi
Yaya Ropandi
Yaya Ropandi

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Ketua Bappilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Yaya Ropandi, menegaskan kalau ada kader yang mengaku-ngaku sudah mendapat restu dari DPP itu hanya sekadar klaim. Karena hingga saat ini partainya belum membuka pendaftaran untuk bakal calon bupati atau wakil bupati.

Dikatakan Yaya, pendaftaran bakal calon bupati atau wakil bupati kemungkinan akan dibuka pada 2016 mendatang. Sehingga ketika saat ini sudah muncul kader PDI Perjuangan yang mengaku-ngaku mendapat dukungan pusat, bisa dipastikan kalau hal itu hanya sekadar klaim belaka.

Hingga saat ini, dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi sudah muncul dua nama yang secara terang-terangan bakal maju di Pilkada 2017 mendatang. Dua nama tersebut yakni Meilina Kartika Kadir dan Sukardi.

Menurut Yaya, hingga kini kader partai hanya sekadar mengklaim untuk maju di pilkada mendatang. Namun hingga pendaftaran dibuka nanti, belum bisa dipastikan jika nama-nama tersebut tetap bakal mencalonkan diri atau mendapat restu dari DPP.


“Semua mengklaim kok, iya mengklaim. Apakah dia sudah daftar ke PDIP? Kan belum juga. Dan PDIP belum membuka secara resmi pendaftaran itu,” ujarnya.

Menurut Yaya, pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati bukan hanya untuk dua nama tersebut. Tetapi kader lain dari PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi seperti Tata Saputra, Aep Saepuloh, Soleman dan Jejen Sayuti juga memiliki kesempatan yang sama untuk maju di pilkada mendatang.

“Di sinilah kedewasaan PDIP dalam upaya menegakan demokrasi. Sekarang pertanyaannya, apakah kita akan mengusung (bakal calon yang hanya memiliki) elektabilitas? Kan enggak mungkin,” ucapnya.

Meski pelaksanaan pilkada masih menyisakan waktu sekitar dua tahun lagi, namun ia berharap agar demokrasi di internal partainya berjalan dengan sehat. Dengan kata lain, kata dia, partai akan mengutamakan kader yang berkualitas dan memiliki elektabilitas untuk bertarung di Pilkada 2017 mendatang. (neo)