Sosok Calon Pemimpin yang Diidamkan

Solihin Sari
Solihin Sari
Solihin Sari

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Kabupaten Bekasi dijawalkan bakal kembali menggelar pilkada pada 2017 mendatang. Meski terhitung masih lebih setahun lagi, namun peta politik dan sejumlah bakal calon bupati dan wakil bupati mulai bermunculan.

Menanggapi semangat pelaksanaan pesta demokrasi 2017 mendatang, Solihin Sari, tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi memberikan sedikit sosok calon pemimpin yang diidamkan masyarakat. Kata dia, calon pemimpin harus memiliki sikap idealis dan tidak mementingkan kepentingan pribadi.

“Kita tentunya harapkan pemimpin yang ideal, yang mementingkan kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Lelaki yang pernah menjabat sebagai wakil bupati Bekasi ini menjelaskan, proses pemilihan kepala daerah melalui pilkada bukan hanya sekadar siapa yang pantas mencalonkan diri. Tetapi juga menyangkut pada biaya politik yang dikeluarkan.


Kata dia, jangan sampai karena membutuhkan biaya yang besar untuk pelaksanaan pilkada sehingga membuat calon kepala daerah bersikap pragmatis. Sedangkan jika terpilih dalam pesta demokrasi yang terpenting, sambung dia, kepala daerah tersebut harus merealisasikan janjinya.

“Janji-janji politik yang disampaikan juga harus direalisasikan. Jangan sampai ketika menjabat justru lupa dengan masyarakat,” tambahnya.

Di dalam pemerintahan pun, kata Solihin, kepala daerah harus mampu menjaga kondusifitas pegawai. Jangan sampai pegawai atau pejabat dibebankan untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan atau mempertahankan suatu jabatan.

“Dikhawatirkan konsentrasi untuk menjalankan program dengan baik tidak maksimal,” tuturnya. (neo)