Komisi B Desak BPLH Tindak PT Siantar Top

Reynold Tambunan
Reynold Tambunan
Reynold Tambunan

POJOKSATU.id, BEKASI – Dinas Badan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi mengaku tidak mengetahui jika PT Siantar Top membang limbah cair ke Kali Bekasi.

Perusahaan yang membuang limbah cair ke Kali Bekasi itu memproduksi makanan ringan, dan berlokasi di Jalan Cipendawa, Bojongrawalumbu, Kota Bekasi.

Sekretaris BPLH Kota Bekasi, Narlisman berjanji akan menindak perusahaan yang membuang limbah ke Kali Bekasi dan mencemari lingkungan.

”Kami belum mengetahui jika PT Siantar Top membuang limbah cair ke Kali Bekasi. Tapi kalau ada laporannya, kami akan melakukan penindakan,” beber Narlisman.


Mencuatnya kasus pembuangan limbah cair yang dilakukan PT Siantar Top ke Kali Bekasi, dari hasil sidak yang dilakukan Komisi B DPRD Kota Bekasi belum lama ini.

“Perusahaan itu memiki izin limbah B3, dan instalansi pengolahan air limbah (Ipal) nya masih berbusa. Sesuai Perda no 09 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, perusahaan tersebut sudah melanggar aturan, karena bisa merusak lingkungan,” kata anggota Komisi B, Reynold Tambunan.

Pihaknya mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui BPLH, untuk mengevaluasi dan memberikan sanksi kepada perusahaan tersebut. Sebab apabila lingkungan sudah tercemar, akan mempengaruhi air tanah di sekitranya.

Bahkan lanjut Reynold, pihaknya akan merekomendasikan kepada BPLH untuk memberikan sanksi tegas terhadap perusahaan tersebut. (and)