Kekeringan Enam Desa Teratasi

kekeringan
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, SERANGBARU- Bencana kekeringan yang melanda enam desa di Kecamatan Serangbaru perlahan mulai teratasi. Dari enam desa yang kekeringan, saat ini tinggal tiga desa yang masih dirundung kekeringan parah. Teratasinya kekeringan tersebut seiring adanya pembuatan sumur untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

“Sekarang tinggal tiga desa yang masih kekeringan, Insya Allah sisanya sudah aman,” kata Camat Serangbaru, Dodo Hendra Rosika.

Tiga desa yang saat ini mulai mendapat solusi air bersih adalah Desa Sukaragam, Cilangkara, dan Sukasari. Sementara tiga desa yang masih kekeringan adalah Desa Nagacipta, Nagasari, dan Sirnajaya yang masih membutuhkan pasokan air bersih.

Selain sebagian warga membuat sumur buatan, Dodo menyebut pihaknya sudah memberikan tandon air di sejumlah titik untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga. Dengan demikian, hampir enam ribu warga di tiga desa sudah dinyatakan bebas dari bencana kekeringan.


“Tiga desa lain yang masih kekeringan karena wilayahnya memasang sangat tandus, bisa dibilang sudah langganan tiap tahun,” terangnya.

Pasokan air bersih diakuinya masih terus didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengalami kekeringan. Sementara lahan persawahan warga hingga saat ini belum bisa diatasi karena sumber air irigasi masih kering.

Dia memprediksi lahan sawah petani baru bisa diolah setelah hujan turun, sebab meskipun harus mengebor sumur air tetap tidak bisa keluar. “Kalau untuk lahan sawah baru bisa diolah setelah hujan turun,” pungkasnya. (mar)