Ranjang Asrama Haji Sulitkan Haji Lansia

BAKAL DIGANTI: Ranjang tingkat di Asrama Haji Bekasi bakal diganti dengan ranjang geser.
BAKAL DIGANTI: Ranjang tingkat di Asrama Haji Bekasi bakal diganti dengan ranjang geser.
BAKAL DIGANTI: Ranjang tingkat di Asrama Haji Bekasi bakal diganti dengan ranjang geser.

POJOKSATU.id, BEKASI – Setiap musim haji, ribuan calon jamaah haji (CJH) asal Jawa Barat, dipastikan transit beberapa jam sebelum diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Asrama ini siap menampung para calon Tamu Allah dengan sejumlah fasilitas di dalamnya, diantaranya kamar tidur berisi ranjang, kasur, kamar mandi, dan masjid. Dari empat gedung yang berdiri di area Asrama Haji ini, terdapat 46 kamar yang siap pakai.

Menurut Syahrudin, salah seorang panitia, Asrama Haji Bekasi sudah menyediakan sebanyak 46 kamar untuk satu kloter jamaah yang berjumlah 450 orang.

“Ada 46 kamar untuk satu kloter sekitar 450 orang. Sementara satu kamar bisa menampung 10 orang,” ucapnya, saat ditemui di Asrama Haji Bekasi, Jalan Kemakmuran No. 72 Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan, Rabu (19/08).


Syahrudin mengakui sejumlah fasilitas dalam asrama sebagian sudah sepantasnya segera diperbaiki. Yang paling utama, kata dia, adalah ranjang calon jamaah yang dinilainya sudah tidak layak pakai lagi. Ke depan, perbaikan ranjang itu menjadi yang paling utama.

Betapa tidak, ranjang bertingkat di asrama haji saat ini dinilai cukup menyulitkan bagi para calon jamaah haji berusia lanjut alias lansia. Tahun depan, ada rencana untuk mengganti ranjang tingkat dengan ranjang geser.

“Tahun depan ada rehab. Rencananya ranjangnya tingkat itu akan diganti sama ranjang geser. Ranjang tingkat itu menyulitkan jamaah berusia lanjut,” jelasnya. (dat)