Polisi Berhasil Bekuk Kawanan Spesialis Pencuri Rumah Kosong

tiga pencuri kendaraan bermotor diamankan polisi di Bandung (ilustrasi)
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id,BEKASI- Polres Bekasi Kota menangkap 6 orang pelaku kejahatan spesialis rumah kosong atau rumah yang ditinggalkan penghuninya, Kamis (20/8).

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Bekasi Kota Komisaris Ujang Rohanda mengatakan, para pelaku yang mayoritas berasal dari sebuah Kota di Sumatera tersebut sudah menjalankan aksi kejahatan sejak dua tahun terakhir di Berbagai daerah di Jabodetabek.

Kronologis kejadian sendiri kata Ujang, pelaku yaitu  Amri, Alawan, Aril, Ahyar, Muzahron dan Bahruni melakukan pencurian hari Kamis tanggal (12/8) terhadap korban Nurhayati di Gang.Kelip Pondok Ranggon RT06 RW03 Kelurahan Jatimurni Kecamatan Pondokmelati Kota Bekasi.

“Dan dari enam orang pelaku awalnya di tanggal 18 Agustus 2015 sekitar pukul 02.00 wib kami mengamankan 4 pelaku di jalan Wibawa Mukti Jatiasih Kota Bekasi,” ucap Ujang.


Proses penangkapan sendiri dilakukan oleh satuan reskrim terhadap empat pelaku saat mereka sedang mengendarai sepeda motor jenis Fulsar dalam satu boncengan.

Sedangkan dua pelaku lagi berhasil ditangkap di dalam rumah kontrakan yang beralamat di Kp. Kresek RT04/05 Pondokgede Kota Bekasi.

Adapun pergerakan kejahatan yang mereka lakukan kata Ujang yaitu dengan cara para pelaku dengan menggunakan 1 unit kendaraan sepeda motor jenis Fulsar dengan mengelilingi permukiman dan gang serta komplek perumahan yang menjadi target sasaran tindak kejahatan mereka.

“Setelah di temukan rumah yang dijadikan target pencurian, pelaku amri alias Batur yang bertugas sebagai pengerak setelah dirasa aman kelima pelaku lainnya mengikuti,” papar Ujang.

Setelah dilakukan proses pemeriksaan yang dilakukan pihak Kepolisian, tindak kejahatan pencurian rumah kosong yang mereka lakukan di wilayah hukum polresta Bekasi Kota sudah dilakukan sebanyak tiga kali.

“Jadi mereka ini penjahat kambuhan dan sudah tiga kali melaksanakan operasinya di Kota Bekasi,” jelas Ujang.

Adapun barang bukti hasil kejahatan yang berhasil diamankan aparat kepolisian yaitu Satu unit sepeda motor yamaha Fino, Satu Unit Sepeda Motor Fulsar, Satu obeng minus besar, sati buah BPKB Motor Yamaha Fino, satu buak BPKB Motor Yamaha RX King dan satu buah tas warna hitam berisikan KTP, SIM atas nama korban Nurhayati.

Akibat perbuatan ke enam pelaku pencurian dengan pemberatan ini mereka di ganjar hukuman Pidana Penjara 7 tahun penjara sebagaimana termaktub di dalam pasal 365 KUHP. (cr21/gob)