Haji Bekasi Terbang Perdana 26 Agustus

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, BEKASI – Calon jamaah haji (CJH) asal Kota Bekasi bakal terbang perdana ke Tanah Suci pada akhir Agustus, tepatnya 26 Agustus mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Haji Kemenag Kota Bekasi, Hasbialloh mengungkapkan, para tamu Allah asal Kota Bekasi itu sebanyak 1.983 dan terbagi dalam enam kloter.

“Kloter perdana terbang 26 Agustus. Kloter terakhir 13 September,” ungkapnya saat ditemui di kantornya.

Diungkap Hasbialloh, rencananya, untuk seluruh jamah haji khususnya wilayah Jawa Barat, sudah mulai masuk asrama haji pada tanggal 20 Agustus 2015.


Data CJH asal Kota Bekasi yang disampaikan Kemenag Kota Bekasi berbeda dengan data dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Barat. Di sana disebutkan, jumlah jamaah haji asal Kota Bekasi sebanyak 1.976 jamaah. Sedangkan jamaah haji asal Kabupaten Bekasi sebanyak 1.863.

CJH Jawa Barat tahun ini tergabung dalam 68 kloter. Rerata tiap kloter berjumlah 450 orang, termasuk petugas. Kecuali, jamaah dari Kota Bandung yang berjumlah 155 orang. Dan terdapat 304 orang yang akan mengurus persiapan para CJH di Asrama Haji Bekasi. Dengan begitu, total CJH Jawa Barat berjumlah 30.088 orang dan 304 orang panitia.

CJH asal Kota Bekasi sebanyak 1.976 jamaah terbagi enam kloter. Empat kloter full terdiri jamaah Kota Bekasi. Dua kloter lainnya bergabung dengan jamaah dari daerah lain. Dari Kabupaten Bekasi, CJH berjumlah 1.863 dan ada 100 lebih jamaah bergabung ke daerah lain.

Sementara itu, seluruh Satgas PPIH Jawa Barat berjumlah 372 orang sudah tiba di Asrama Haji Bekasi, kemarin. Mereka siap menyambut kedatangan calon jamah haji kloter perdana asal Tasikmalaya pada Kamis (20/8) hari ini. Disusul hari berikutnya, jamaah asal Kabupaten Bandung di kloter kedua dan Garut di kloter ketiga.

Wakil Sekretaris Embarkasi Jakarta Bekasi, Handiman Romdony mengungkapkan, kloter pertama akan dilepas Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan yang dihadiri sejumlah instansi terkait. “Insya Allah pelepasan kloter awal oleh Pak Gubernur Jabar,” ujar Romdony saat ditemui di Asrama Haji Bekasi, Rabu (19/8).

Menurut Romdony, diharapkan seluruh jajaran Satgas PPIH siap melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing. Mereka begitu masuk asrama langsung di-upgrade, agar sigap dalam menjalankan tugas penyelenggaraan musim haji pada 1436 H/2015 ini.

Selanjutnya, Asrama Haji mulai menerima rombongan haji kloter perdana, Kamis (20/8). Sesuai jadwal rombongan haji datang sekitar pukul 10.00. Malam harinya, satgas PPIH melakukan rakor pelepasan haji. Esok hari, Jumat (21/8) dilakukan pelepasan jamaah haji kloter perdana.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Provinsi Jawa Barat, H. Ajam Mustajam, mengimbau para calon jamaah haji untuk tidak membawa barang bawaan yang tidak menunjang penyelenggaraan ibadah haji. Para calon jamaah haji seharusnya hanya mengutamakan kepentingan ibadah.

“Saya mengharapkan kepada seluruh jamaah haji khususnya Jawa Barat, kita itu berangkat hanya untuk mengutamakan kepentingan ibadah. Jangan terbebani masalah barang bawaan yang tidak menunjang untuk pelaksanaan ibadah, malah merepotkan,” tutur Ajam di Asrama Haji Bekasi, Jalan Kemakmuran No. 72, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan, Rabu (19/08). (dat)