BKD Tak Buka Lowongan CPNS

Carwinda
Carwinda
Carwinda

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi dipastikan tidak akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun ini. Hal itu menyusul setelah adanya surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bekasi, Carwinda mengatakan, dalam surat edaran itu berisikan tentang moratorium perekrutan PNS dari jalur umum.

“Dasarnya Permen (Peraturan Menteri) nomor empat. Ada surat bahwa tidak ada pengangkatan CPNS,” ucapnya.

Meski demikian, BKD diketahui tetap mengajukan permohonan penambahan PNS. Karena menurut Carwinda, hingga kini Kabupaten Bekasi masih kekurangan tenaga pegawai negeri sipil.


Menurut Carwinda, untuk mengajukan permohonan CPNS ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Di antaranya belanja pegawai sebesar 40 persend ari APBD dan menyiapkan analisis beban kerja.
“Jadi ada penilaiannya yang dilakukan oleh kementerian,” katanya.

Disinggung soal kebutuhan PNS yang paling mendesak, Carwinda mengaku tidak mengetahui secara detail. Alasannya karena kebutuhan itu perlu dilihat dari beban pegawai dan organisasi.

Terlepas dari itu, kata Carwinda, Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam waktu dekat bakal melakukan kegiatan lelang jabatan untuk mengisi posisi kepala Satpol PP. Karena sejak beberapa waktu lalu jabatan itu kosong lantaran pejabat sebelumnya terjerat kasus korupsi.

“Yang jelas bakal ada lelang untuk jabatan kepala Satpol PP,” ujarnya. (dho)