Sudah 700 BTS Berdiri

Hudaya
Hudaya
Hudaya

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Sebanyak 700 Base Transceiver Station (BTS) berdiri di wilayah Kabupaten Bekasi. Lokasi keberadaan ratusan menara seluler itu dianggap sudah sesuai dengan zonasi seluler, sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 9 tahun 2013.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, menjamurnya menara seluler membuat pihaknya mengambil keputusan untuk memperketat perizinan mendirikan BTS. Jika tidak demikian, ia khawatir BTS bakal dibangun di sembarang tempat.

“Jadi yang memohon rekomendasinya di kita (Diskominfo), titik koordinatnya di Diskominfo,” ucapnya.

Dikatakan Hudaya, jika ada perusahaan yang ingin mengajukan pembangunan menara baru namun sudah ada menara sebelumnya, maka bisa diterapkan sistem menara bersama. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi tumpang tindih dan menyalahi aturan zonasi seluler.


“Dan ini diatur oleh tim sesuai dengan Perbub nomor 9 tahun 2013 yang mengatur zonasi seluler,” terangnya.

Hingga kini, sambung Hudaya, sudah banyak perusahaan yang mengajukan pembangunan menara seluler. Kata dia, untuk perizinan pembangunan merupakan kewenangan BPMPPT, dan pihaknya hanya memberikan titik koordinat pembangunan. (dho)