Dana Bantuan Desa Tunggu LPJ

Abdilah Majid
Abdilah Majid
Abdilah Majid

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Pemerintah desa bakal kembali mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui pemerintah daerah. Bantuan tahap kedua itu rencananya bakal diberikan pada Oktober mendatang.

Namun demikian, untuk mendapatkan bantuan tahap kedua itu, pemerintah desa diminta untuk membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dari bantuan tahap pertama yang sudah diterima. Jika tidak, maka dana bantuan tahap kedua tidak akan diberikan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bekasi, Abdilah Majid mengatakan, LPJ menjadi syarat bagi pihak desa untuk mendapatkan bantuan berikutnya. Hingga saat ini, sudah ada beberapa desa yang mengajukan LPJ tersebut.

Dari LPJ yang sudah ia terima, nantinya bakal diverifikasi kembali. Jika dinyatakan tidak lengkap, maka laporan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan itu dikembalikan untuk dilengkapi.


“Pemda sudah menyiapkan dana desanya tapi LPJ-nya juga harus masuk dulu,” ucapnya.

Dana bantuan yang berasal dari BPN di tahap kedua akan diberikan dengan nilai yang lebih kecil dari sebelumnya. Kata Abdilah, anggaran yang akan dikucurkan sebesar 25 persen, dan disesuaikan dengan potensi dari masing-masing desa.

“Untuk termin pertama memang kita cairkan di bulan Juli sebesar 50 persen dan sekarang 25 persen,” katanya. (dho)