Sosialisasi Pilkada Cegah Calon Tunggal

Dede Iswandi
Dede Iswandi
Dede Iswandi

POJOKSATU.id, CIKARANG UTARA – Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bekasi direncanakan bakal digelar pada 2017 mendatang. Meski terhitung masih lama, namun untuk sosialisasi pesta demokrasi dianggap perlu dimulai sejak dini.

Anggota DPD Partai Nasdem Kabupaten Bekasi, Dede Iswandi mengatakan, sosialisasi pilkada sejak dini untuk mencegah adanya calon tunggal saat pelaksanaan pesta demokrasi. Apalagi di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia, ada beberapa pilkada yang ditunda lantaran calon tunggal.

“Berjalan aman dan lancar, jangan sampai ada calon tunggal di kota dan kabupaten lain karena akan menghambat proses demokrasi,” ujarnya.

Sosialisasi pilkada, sambung Dede, tidak hanya dilakukan oleh KPU selaku penyelenggara, tetapi juga dilakukan di internal partai masing-masing. Jika dimungkinkan, sosialisasi dilakukan sekaligus penjaringan bakal calon bupati atau wakil bupati.


“Sosialisasi yang lebih intens mengenai mekanisme dan tahapan pencalonan harus diperjelas kepada masyarakat dan juga melibatkan seluruh kalangan,” tambahnya.

Dede berharap agar pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bekasi 2017 mendatang tidak ditunda lantaran hanya ada satu pasangan calon. Oleh sebab itu, ia meminta sosialisasi pelaksanaan pesta demokrasi dimulai sejak dini. (neo)