DJBC Resmikan Kantor Bea Cukai Tipe Madya

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG UTARA – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) meresmikan kantor pengawasan dan pelayanan bea cukai tipe madya pabean, di Cikarang Dry Port (CDP), Jababeka, Selasa (11/8). Peresmian itu untuk mendukung kegiatan industri serta kelancaran arus barang.

Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengatakan, kantor pengawasan dan pelayanan yang diresmikan itu untuk melengkapi layanan di CDP dari penumpukan peti kemas di gudang container freight station (CFS), pemeriksaan fisik, karantina depo peti kemas kosong dan pergudangan.

“Meningkatkan konektivitas antara hub dan spoke, meningkatkan fasilitas dan kelancaran arus barang dan diharapkan memudahkan customer,” ucapnya.

Menurut Heru, kawasan industri di Jabodetabek seperti di Kabupaten Bekasi cocok untuk diterapkan konsep hub dan spoke. Karena pelabuhan laut sebagai hub hanya berfungsi sebagai tempat bongkar muat, sementara pelabuhan darat atau dry port sebagai spoke yang berfungsi untuk administrasi kepelabuhan formalitas ekspor impor layananbea cuka dan karantina.


“Nantinya bisa jadi solusi pelabuhan darat ini dan menekan dwelling time. Karena waktu tunggu lebih dekat,” tuturnya. (dho)