15 Puskesmas Periksa HIV/AIDS

Ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG UTARA –  Sebanyak 15 Puskesmas di setiap kecamatan Kabupaten Bekasi saat ini sudah memberikan layanan pemeriksaan HIV/AIDS. Hal itu menyusul masuknya Kabupaten Bekasi dalam daftar garis merah akibat tingginya pengidap HIV/AIDS.

“Sekarang 15 puskesmas sudah terkorelasi memberikan pelayanan dari sebelumnya hanya sepuluh puskesmas,” kata pengelola program HIV/AIDS Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bekasi, Ade Bawono, Selasa (11/8).

Layanan pendeteksi dini sengaja dilakukan untuk meminimalisir jumlah pengidap HIV/AIDS yang terus mengalami peningkatan. Sebanyak 711 kasus pengidap HIV sepanjang 2015 tersebar di semua pelosok Kabupaten Bekasi.

Sasaran pemeriksaan HIV/AIDS yaitu pada kelompok laki-laki mulai sopir truk, penarik ojek, hingga buruh pabrik yang disinyalir sering menggunakan jasa layanan seks pinggiran.


“Dari data yang kita miliki, buruh pabrik, sopir truk, tukang ojek, berisiko tinggi karena mereka disinyalir selalu menggunakan jasa wanita penghibur dan itu sangat berisiko sehingga perlu dilakukan pengecekan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Bekasi saat ini masuk dalam daftar garis merah yang artinya Kabupaten Bekasi sangat rawan terhadap penyebaran virus HIV/AIDS. Sehingga layanan puskesmas saat ini diperluas agar mampu meminimalisir jumlah pengidap virus berbahaya itu.

Tingginya angka pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi, kata dia akibat diskriminasi terhadap orang-orang yang terinfeksi masih cukup tinggi. Di Cikarang misalnya, orang yang positif HIV selalu dihindari masyarakat sehingga mereka menutup diri dan enggan untuk memeriksakan kesehatannya. Bahkan, yang mengkhawatirkan mereka sengaja membiarkan virus HIV menyebar.

“Diskriminasi kepada penderita HIV disini masih tinggi, karena masyarakat kita masih awam,” katanya.

15 Puskesmas yang sudah bisa memberikan layanan pemeriksaan HIV/AIDS di antaranya Babelan, Tambun Selatan, Tambelang, Cikarang Utara, Setu, Kedungwaringin, Sukatani, Muaragembong, Cibarusah, Cibatu, Telaga Murni, Wanasari, Tambun Utara, Cikarang Barat dan Tarumajaya. (mar)