Jumlah Orang Terpapar AIDS Meningkat 711 Kasus

Ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG UTARA – Jumlah orang terpapar HIV AIDS di Kabupaten Bekasi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi, hingga Maret 2015 jumlah orang terpapar penyakit tersebut sebanyak 711 kasus.

Dari angka tersebut, yang mencengangkan ialah mayoritas orang terpapar HIV AIDS itu dari kalangan perempuan. Data dari KPA Kabupaten Bekasi, dari 711 kasus sebanyak 53 persennya merupakan perempuan. Sementara untuk bayi, lembaga tersebut mencatat ada 16 balita yang juga terpapar penyakit tersebut.

Menurut Pengelola Program KPA Kabupaten Bekasi, Ade Bawono, tingginya angka kaum perempuan yang terpapar HIV AIDS disebabkan karena tertular oleh suaminya. Karena dari 53 persen perempuan yang terpapar, mayoritas ibu rumah tangga dengan usia 24 tahun sampai 49 tahun.

Kata Ade, perempuan yang terpapar penyakit yang belum bisa disembuhkan itu karena suaminya kerap ‘jajan’ atau gonta ganti pasangan.


“Kalau melihat grafik dan catatan data 2012 sampai 2015, presentase penderita HIV AIDS di kita memang lebih didominasi oleh kelompok perempuan dari 711 kasus 53 persennya adalah ibu rumah tangga,” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Dituturkan Ade, lelaki yang tertular HIV AIDS berpotensi menularkan ke pasangan sahnya. Sehingga tidak aneh jika jumlah ibu rumah tangga yang terpapar penyakit yang disebabkan virus itu terus bertambah.

“Kalau kenaikan penderita tiap tahun itu udah pasti ada tetapi jumlahnya sedikit, makanya sekarang ini KPA sedang memperbanyak kader di beberapa komunitas tujuannya yaitu untuk memberikan sosialisasi terhadap bahaya HIV AIDS,” ungkapnya.

Untuk lokasi penyebaran HIV AISD, kata Ade, sudah merata di setiap kecamatan di Kabupaten Bekasi. Yang mengkhawatirkan, penyebaran itu tidak hanya terjadi di lingkup perkotaan, tetapi juga di pelosok desa.

“Untuk kasus remaja sejauh ini jumlahnya mulai menurun tetapi sosialisasi terus gencar kita lakukan,” tuturnya. (mar)