Dua Minggu Bebas Residivis Ditangkap Lagi

dua pria mencuri di PT KPSS Karawang (ilustrasi)
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, BEKASI – Ronald Simanungkalit (25) tak jera dipenjara. Baru saja dua pekan menghirup udara bebas usai menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Bulakkapal, Bekasi Timur, dia kembali kedapatan beraksi mencuri.

Residivis pencurian sepeda motor itu dibekuk unit Reskrim Polsek Bekasi Selatan gara-gara ketahuan mencuri helm pengunjung Mega Bekasi Hypermall (MBH) di pelataran parkir.

Berdasarkan keterangan rekan korban, Rose Paramitha (21) warga Permata Metropolitan Blok Q7/1 RT 05 RW 12, Tambun, Kabupaten Bekasi, awalnya sekitar pukul 14.00, ia yang baru sampai di mall bersama korban, langsung menaruh helm serta jaket di sepeda motor seperti biasanya.

“Setelah menaruh helm dan jaket, saya pun masuk ke dalam mall bersama rekan saya itu,” katanya di ruang unit pemeriksaan Mapolsek Bekasi Selatan.


Tak berapa lama kemudian, lanjutnya, sekitar pukul 15.45 ia dan korban keluar dan langsung menuju halaman parkir. Namun sesampainya di parkiran, ternyata helm yang diletakkan di atas sepeda motor korban tidak berada di tempatnya lagi.

“Saya langsung laporan ke security, tahunya diambil sama pelaku yang sudah berhasil ditangkap security dan petugas polisi,” ungkapnya.

Kepala Unit (Kanit) Reskrim Mapolsek Bekasi Selatan, Iptu Dimas SW mengatakan, saat itu usai melancarkan aksinya, pelaku berusaha kabur dan langsung diamankan petugas keamanan mall yang sedang berjaga.

“Pelaku masih dalam pemeriksaan penyidik untuk mendalami sudah berapa kali pelaku beraksi selain di TKP,” katanya, Senin (10/8).

Menurutnya, pelaku merupakan residivis yang baru saja menghirup udara bebas dari Lapas Bulakkapal Kelas IIA Bekasi Timur. “Pelaku residivis curanmor yang baru 2 minggu bebas,” paparnya.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan helm merk NHK serta jaket warna biru milik korban. Akibat perbuatannya, pelaku kini harus merasakan dinginnya sel tahanan Mapolsek Bekasi Selatan dan dikenakan Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (dat)