Oknum Dishub Diduga Peras Sopir Truk

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Sejumlah pemilik truk angkutan barang mengaku kerap diminta pungutan oleh petugas oknum Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi. Pungutan liar itu berkedok kesalahan seperti overload atau dokumen kendaraan yang tidak lengkap.

Beredar kabar, pungutan liar yang dilakukan oknum petugas Dishub itu sudah sejak lama. Biasanya ‘transaksi’ itu terjadi di jalan dengan sasaran truk bermuatan barang.

Menanggapi hal itu, Kabid Pengawasan dan Pengedalian pada Dishub Kabupaten Bekasi, Cecep hanya bisa mengancam anggotanya dengan sanksi. Namun ia tidak menyebutkan bakal melakukan penelusuran terkait pungutan liar tersebut.

“Kalau ada anggota yang melakukan penangkapan kemudian tanpa surat tugas bahkan sampai memeras, kita akan berikan sanksi tegas,” katanya.


Cecep mengaku kesulitan untuk mengawasi seluruh tindak tanduk petugas Dishub Kabupaten Bekasi ketika bertugas di jalan. Alasannya, karena banyak petugas Dishub berstatus pekerja lepas harian.

Namun demikian ia meminta agar masyarakat melaporkan jika ada yang dirugikan oleh petugas Dishub ketika bertugas. Ia berjanji akan memberikan sanksi jika petugasnya menyalahi aturan seperti memeras atau meminta uang ketika menjalankan tugas di lapangan.

“Terkadang yang sulit kami awasi 80 orang Tenaga Harian Lepas (THL). Tetapi, kita akan coba menata kembali sehingga ke depan bisa lebih baik lagi,” tuturnya. (neo)