Kali Sasaktiga Jadi Tempat Sampah

Sampah plastik
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIBITUNG – Minimnya pengawasan membuat saluran Kali Sasaktiga di Jalan Haji Bosih, Kecamatan Cibitung dipenuhi berbagai macam material sampah. Dari pantauan Radar Bekasi, pada pagi hari, saluran air yang mengalir ke Kali CBL itu banyak terdapat ceceran sampah, dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Menurut seorang pedagang yang ada di Jalan H Bosih, Tatang (33), papan peringatan agar tidak membuang sampah tidak diindahkan oleh warga. Akibatnya, pembuangan sampah ke dalam aliran sungai terus dilakukan.

“Susah diingetin, padahal sudah dipasang larangan dan suka ditegor saat membuang sampah ke saluran air,” katanya, Jumat (7/8).

Lebih lanjut kata dia, kondisi saluran semakin dipenuhi sampah dari warga dan pengendara yang melintas sambil membuang sampah. Hingga saat ini pihak memerintahan setempat belum melakukan tindakan apa pun meski kondisinya semakin mengkhawatirkan.


“Kalau biarkan nantinya bakalan jadi tempat pembuangan sampah,” keluhnya.

Warga Kelurahan Wanasari,  Anggi (27), menilai pembuangan sampah yang dilakukan sembarangan terjadi akibat minimnya tempat pembuangan sampah di sekitar Jalan H Bosih. Dengan demikian, warga sekitar kebingungan untuk membuang sampah sebagaimana mestinya.

“Bagusnya ada sosialisasi dan membuat bak sampah. Warga setempat pasti mau untuk dimintai sumbangan,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Kelurahan Wanasari, Cecep mengaskan, lokasi saluran air tersebut masuk ke dalam wilayah pemerintahan Tambun Selatan. Dengan demikian, pihaknya tidak bisa ikut campur dalam mengambil kebijakan. “Lokasi itu bukan termasuk kawasan Kelurahan Wanasari,” terangnya. (dan)