Disperindagpas Klaim Minimarket Bebas Miras

Miras
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindagpas) dan Pasar Kabupaten Bekasi mengklaim tidak ada lagi minimarket yang menjual minuman keras (miras). Bahkan dinas tersebut memastikan jika miras tidak diperjual belikan di minimarket sejak April 2015.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindagpas Kabupaten Bekasi, Mulyadi mengatakan, kepastian itu menyusul setelah pihaknya melakukan operasi miras beberapa waktu lalu. Dari hasil operasi itu, pihaknya mengamankan miras jenis bir yang dijual bebas di minimarket.

“Dari operasi yang sudah dilakukan kami mengamankan sedikitnya tujuh kardus minuman keras jenis bir yang berasal dari minimarket di beberapa wilayah,” katanya.

Dalam operasi miras, sambung Mulyadi, pihaknya juga memberikan sosialisasi pelarangan penjualan miras. Peringatan tertulis juga ditujukan kepada pengusaha miras untuk tidak menjual minuman tersebut secara bebas di minimarket.


“Kalau pengelola minimarket masih membandel mendistribusikan miras, ya sanksinya bisa ditutup,” ujarnya.

Mulyadi mengajak masyarakat untuk memantau peredaran miras di minimarket. Jika ada laporan terkait masih adanya minimarket yang nekat menjual miras, kata dia, supaya dilaporkan ke pihaknya atau penegak hukum.

“Kami berharap kepada semua masyarakat berperan serta mengawasi. Artinya, jika melihat di wilayahnya ada minimarket masih menjual miras segera laporkan ke Disperindagpas,” tuturnya.

Pelarangan penjualan miras secara bebas di minimarket diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor : 06/M-DAG/PER/1/2015, tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol dengan kandungan alkohol di bawah lima persen dilarang dijual di minimarket atau toko pengecer. Sementara minuman tersebut hanya boleh dijual di supermarket dan hypermarket. (neo)