Puskesmas Babelan II Dikeluhkan Warga

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, BABELAN – Pelayanan Puskesmas Babelan II, Desa Bunibakti dikeluhkan warga setempat. Pasalnya, warga merasa seolah Puskesmas tersebut tidak mau memberikan pelayanan dengan alasan gratis.

Imah (33), warga Kampung Buni, Desa Bunibakti mengaku pernah ditolak saat membutuhkan pelayanan Puskesmas Babelan II. Penolakan itu ia alami di saat jam kerja.

Menurut dia, jika penyakit yang dialami warga tidak tertangani, sewajarnya Puskesmas memberikan rujukan ke rumah sakit. Namun anehnya, kata dia, sebelum memberikan pelayanan, warga terlebih dulu ditolak.

“Kalau pelayanan mah, di Puskesmas sini jauh dari memuaskan, ogah-ogahan dan sesuka mereka sendiri dalam melayani pasien, pikirnya gara-gara gratis kali, jadi begitu pelayanannya,” keluhnya.


Penolakan itu sendiri, kata Imah, bukan hanya dialaminya. Tetapi warga lain pun pernah mendapatkan penolakan serupa.

“Pernah ada kakek-kakek, udah payah datang ke situ (Puskesmas), tapi ditolak sama pihak Puskesmas, disuruh pulang, katanya udah bukan jam kerja, padahal kakek itu datang masih jam setengah 11 siang,” ungkapnya.

Karena pernah mendapat penolakan, Imah kini tak lagi mengandalkan Puskesmas untuk mendapat pelayanan kesehatan. Bahkan menurut dia, warga lainnya pun memiliki inisiatif untuk langsung ke rumah sakit jika membutuhkan pelayanan.

“Karena pelayanannya begitu, saya sama beberapa warga sini kalau sakit dan lagi megang uang, mending saya cari klinik aja, mending saya bayar dah,” terangnya. (cr24)