Dishub Lepas Tangan Soal Palang Pintu Kereta

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Tujuh perlintasan Kereta Api di Kabupaten Bekasi tidak dilengkapi dengan palang pintu otomatis. Meski bukan tanggung jawab pemerintah daerah, namun semestinya hal itu menjadi perhatian serius pemilik kebijakan.

Kabid Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi, Kuncoro seolah lepas tangan dengan kondisi tersebut. Karena menurut dia, palang pintu perlintasan kereta api bukan tanggung jawab pihaknya.

“Ada tujuh perlintasan yang tidak berpalang pintu. Di antaranya, perlintasan Walet, Kompas Kecamatan Tambun Selatan, perlintasan Fudholi Cikarang Utara Pasar Lama, Telaga Murni Kecamatan Cibitung dan perlintasan di Kecamatan Cikarang Timur,” ungkapnya.

Disinggung soal alokasi anggaran untuk pembuatan palang pintu otomatis, kata Kuncoro, harus ada kesepakatan dengan pihak terkait.


“Tahun ini tidak ada anggaran untuk pembuatan palang pintu kereta api. Kecuali, harus ada MoU antara kementerian dan PT KAI,” tambahnya.

Walaupun tidak ada anggaran, menurut dia, Kementerian Perhubungan sudah mulai mencari upaya untuk menanganinya. Seperti pembangunan underpass Tambun dan Cibitung yang saat ini sudah masuk dalam tahap pembebasan lahan. (neo)