Kenalkan Sosok Kartini Lewat Karnaval Pakaian Adat

KARNAVAL : Murid sekolah Yayasan Al Ma'Muriah bersiap melakukan karnaval dalam rangka memperingati Hari Kartini. CR27/RADAR BEKASI
KARNAVAL : Murid sekolah Yayasan Al Ma'Muriah bersiap melakukan karnaval dalam rangka memperingati Hari Kartini. CR27/RADAR BEKASI
KARNAVAL : Murid sekolah Yayasan Al Ma’Muriah bersiap melakukan karnaval dalam rangka memperingati Hari Kartini. CR27/RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, JATIASIH – Peringatan Hari Kartini berlangsung meriah di Yayasan Al Ma’Muriah. Selain mengadakan lomba mewarnai, di sana juga diadakan lomba karnaval pakaian adat. Acara  yang diadakan Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) itu berlangsung di Jalan Masjid Al Ma’Muriah RT 01/10, Jatiasih, kemarin.

“Mengingat lomba karnaval busana terbaik, kami mengimbau kepada bapak/Ibu orang tua murid agar anak-anaknya memakai baju adat. Bisa juga memakai baju muslim di saat pelaksanaan lomba,” tutur Kepala Sekolah Al Ma’Muriah, Lia Amelia.

Acara ini dimulai pukul 07.30, diawali dengan doa bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan nyanyian lagu anak-anak dan cerita singkat tentang R.A Kartini. Pada pukul 08.00, karnaval dimulai dari Yayasan Al Ma’Muriah sampai sepanjang jalan Tol Jatiasih sesuai rute yang telah ditentukan. Orang tua turut serta mendampingi karnaval untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.

Setelah itu dilanjutkan dengan lomba fashion show di Al Ma’Muriah. Dalam lomba ini pemenang akan mendapat trofi dan bingkisan dari Mc Donald. “Pelaksanaan kegiatan ini antara lain bertujuan untuk memperkenalkan seorang tokoh pahlawan wanita yaitu R.A Kartini dan menanamkan rasa nasionalisme di usia dini sehingga mereka mengerti sejarah dan memberikan edukasi yang baik baginya,” paparnya.


Lia mengingatkan bahwa, kiprah perempuan makin maju dan sejajar dengan kaum laki-laki. ”Beberapa posisi penting bahkan telah diperankan oleh perempuan di daerah ini, ada yang Kepala SKPD hingga menjabat sebagai anggota legislatif di DPRD Kota Bekasi,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu orang tua murid, Novi (27), mengatakan, kegiatan ini selain bertujuan untuk memperingati hari Kartini, juga dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi bagi kaum perempuan di Bekasi.

“Pendidikan adalah sangat penting bagi kaum perempuan Indonesia sehingga dapat turut serta berkiprah bersama kaum bapak dalam melanjutkan pembangunan khususnya di wilayah Jatiasih,” ujar Ibu yang memiliki anak bernama Chaca ini.

Selain lomba karnaval pakaian adat, di sana juga berlangsung lomba mewarnai. Melalui lomba mewarnai, para guru ingin menyampaikan pesan pada para murid jika sosok Raden Ajeng Kartini merupakan pejuang yang tangguh dan tak kenal lelah. (cr27)