Pusat Ngotot Becakayu Lewat Ahmad Yani

Demi Estetika: Mempertimbangkan estetika kota, Pemkot tetap menolak proyek Becakayu melewati Jalan Ahmad Yani. Andi/Radar Bekasi
Demi Estetika:  Mempertimbangkan estetika kota, Pemkot tetap menolak proyek Becakayu melewati Jalan Ahmad Yani. Andi/Radar Bekasi
Demi Estetika: Mempertimbangkan estetika kota, Pemkot tetap menolak proyek Becakayu melewati Jalan Ahmad Yani. Andi/Radar Bekasi

POJOKSATU.id, BEKASI – Usulan Pemkot agar jalan layang Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) tak melewati Jalan Ahmad Yani tampaknya dimentahkan Kementrian Pekerjaan Umum (PU). Pemerintah pusat tetap jika pembangunan jalan layang tersebut tetap melintasi jalan di tengah Kota Bekasi tersebut.

Sebelumnya, Pemkot menolak Becakayu melintasi Ahmad Yani karena pertimbangan estetika. Maka itu Pemkot mengusulkan agar proyek tersebut melintasi Jalan Kemakmuran.

Direktur Jenderal Teknik Binamarga pada Kemenpu, Hartono mengatakan sangat menghargai keputusan Pemkot yang keberatan Bekcakayu melintasi Ahmad Yani. Kendati demikian dia mengatakan jika rencana proyek tetap seperti semula. Yakni melewati Jalan Ahmad Yani.

“Kita menghargai keputusan Wali Kota Bekasi, tetapi kita akan menyajikan desain gambar yang baru kepada Pemkot Bekasi. Jadi rencana kita tetap melintasi Jalan Ahmad Yani, namun demikian desain-nya kita perindah. Sehingga Jalan Ahmad Yani bisa dijadikan ikon Kota Bekasi, dengan tiang-tiang yang tinggi, dan lampu-lampu hiasan serta adanya kabel panjang yang melintang. Sehingga menurut kita hal tersebut tidak merusak estetika kota,”jelasnya.


Menurut Hartono, apabila rencana sesuai keinginan Pemkot Bekasi diikuti, dengan melintasi Jalan Kemakmuran, kata dia, hal tersebut dapat memperlambat kinerja.

“Sebab apabila melintasi Jalan Kemakmuran, maka harus ada pembebasan lahan lagi, dan ada pengurusan studi Amdal. Dan apabila melintasi Jalan Ahmad Yani, semua perizinan sudah selesai hanya tinggal pengerjaan. Tetapi kita tetap menghargai keputusan kepala daerah, oleh sebab itu kita akan kembali lakukan musyawarah, dengan penyajian desain baru,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasubag Pembangunan pada Setda Ekomomi Pembangunan Muhammad Solikhin mengatakan sesuai dengan keputusan Wali Kota Bekasi, tetap menolak Becakayu melewati Jalan Ahmad Yani.

“Pemkot dengan Kemenpu telah melakukan musyawarah sebanyak empat kali, dan terakhir di bulan Maret kemarin. Memang pihak Kemenpu tetap berkeinginan Becakayu melintasi Jalan Ahmad Yani, tetapi keputusan wali kota tetap tidak bisa demi menjaga estetika kota. Oleh sebab itu pada awal bulan Mei kita akan melakukan pertemuan kembali, supaya hasil musyawarah bisa ada titik temu mega proyek Becakayu melintasi Jalan Kemakmuran,” jelasnya. (and)