ASN Jangan Bermain dengan Lelang

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Cikarang, Fik Fik Zulrofik mengingatkan pada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak ‘bermain’ dalam urusan lelang pengadaan barang dan jasa. Hal itu menyusul adanya beberapa pejabat daerah yang tersangkut kasus korupsi belakangan ini.

“Jangan pernah bermain lah, semua harus sesuai aturan dan mekanisme yang ada,” katanya usai kegiatan penyuluhan dan pembinaan dari Bagian Pembangunan bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi di ruang rapat Bupati Bekasi, Kamis (16/4).

Sebagai pejabat, sambung Fik Fik, seharusnya memiliki keberanian untuk memberikan informasi jika ada penyelewengan penggunaan anggaran. Bahkan jika ada intervensi dari pihak lain, maka pejabat atau ASN harus melaporkan hal itu ke penegak hukum.

Sementara itu, Kabag Pembangunan Kabupaten Bekasi, Iwan mengatakan, penyuluhan dan pembinaan bertujuan agar SKPD bisa bersinergi dalam persoalan administrasi.


“Ini sebagai pencerahan buat kita semua, untuk terus berhati-hati. Agar, pembangunan juga tercapai dengan baik sesuai aturan,” tambahnya.

Menurut Iwan, penyuluhan tersebut sangat penting mengingat saat ini sebanyak 11 SKPD masih menunggu pengumuman hasil lelang kegiatan. Sementara untuk Dinas Bina Marga Pengelolaan Sumber Daya Air (DBMPSDA) diketahui sudah melewati proses lelang. (neo)