Napi Nusakambangan Pasok Bandar Bekasi

Ilustrasi
BARANG BUKTI: Ganja seberat tiga kilogram yang disita Polsek Bekasi Utara dari napi Nusakambangan.
BARANG BUKTI: Ganja seberat tiga kilogram yang disita Polsek Bekasi Utara dari napi Nusakambangan.

POJOKSATU.id, BEKASI – Peredaran narkotika di balik terali besi tidak ada matinya. Bahkan, sejumlah terpidana di Lapas Nusakambangan masih menjadi pemasok sejumlah bandar (BD) ganja di Kota Bekasi. Namun, aktivitas transaksi mereka diendus petugas Polsek Bekasi Utara dan digagalkan.

Seorang bandar ganja di Kota Bekasi dibekuk setelah petugas mencurigai gerak-geriknya saat berada di Jalan Rawakalong, Kelurahan Arenjaya, Bekasi Timur. Diduga pria tersebut akan melakukan transaksi barang haram. Sebelumnya, polisi mendapatkan laporan dari warga akan ada transaksi barang haram di lokasi.

Dan benar saja. Setelah melalui pengintaian, Rabu (15/4) dinihari pukul 00.30 petugas berhasil menciduk pria bernama Mario Hutagalung (23) alias Rio alias Ceper, warga Kav. Pondok Babelan Indah, Desa Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Saat digeledah, dari ponselnya diketahui ada sms berisi transaksi narkoba.

Setelah dilakukan interogasi, pelaku mengaku menyimpan barang haram tersebut di kontrakannya di Kampung Bendungan Kelurahan Satriajaya, Kecamatan Tambun Utara. Saat digeledah dikontrakanya itulah kepolisian menemukan ganja tiga bungkus dengan lakban cokelat dengan berat tiga kilogram.


Hasil pemeriksaan lanjutan, barang tersebut diperoleh dengan cara membeli dari seorang tahanan di Nusakambangan atas nama Mangap dengan cara mentransfer uang terlebih dahulu sebelum barang dikirim. Setelah itu, barang diantarkan seseorang yang tidak dikenal dengan cara barang diletakan di suatu tempat dan tersangka disuruh mengambilnya.

“Ternyata dia pesan ganja dari napi di Nusakambangan beinisial  N. Modusnya mentransfer sejumlah uang yang disepakati, kemudian diberitahu via sms untuk mengambil ganja yang dipesan di suatu lokasi yang disepakati,” tutur Kapolsek Bekasi Utara AKP Mugiyono.

Kabaghumas Polresta Bekasi Kota AKP Siswo, membenarkan adanya penangkapan bandar ganja di Kelurahan Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur. Ganja tersebut berasal dari napi yang sedang ditahan di Nusakambangan. (dat)