30 Napi Rutan Bandung Gelar Khatam Al Quran dalam Program One Day One Khatam Selama Bulan Suci Ramadhan

POJOKJABAR.COM – Bulan suci ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat muslim. Dalam mengisi keberkahan bulan ramadhan berbagai macam cara beribadah dilakukan umat muslim,mulai dari mengaji dengan tadarus Al Quran dan khatam selama satu hari.


Khatam Al Quran di bulan ramadhan banyak dilakukan masyarakat saat bulan puasa. Namun khatam Al Quran yang dilakukan oleh narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (wbp) merupakan hal yang jarang dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan wbp di Rutan Kelas I Bandung.

Meski dengan keterbatasan didalam jeruji besi, sebanyak 30 wbp di Rutan Kelas I Bandung, sejak hari pertama ramadhan hingga hari kesembilan Rabu kemarin, telah menyelesaikan khatam Al Quran setiap harinya.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas I Bandung, Suparman menjelaskan kegiatan pembinaan kepada wbp selama bulan suci ramadhan ini, khususnya bagi wbp yang beragama islam dilakukan beragam di Rutan Kelas I Bandung.


“Kami ada kegiatan tarawih, tadarus Al Quran, dan kegiatan ibadah lainnya selama bulan puasa,” jelas Karutan Kelas I Bandung Suparman, Kamis 21 Maret 2024.

Suparman menambahkan, untuk kegiatan khatam Al Quran, sebanyak 30 orang wbp melakukan kegiatan khatam Al Quran setiap hari dengan program One Day One Khatam.

“Jadi program ini rutin dilaksanakan oleh Rutan Kelas I Bandung untuk pembinaan kepribadian kepada wbp, alhamdulillah sebanyak 30 wbp berhasil menyelesaikan khatam Al Quran setiap harinya sejak hari pertama hingga hari kesembilan kemarin, ” jelasnya.

Karutan menjelaskan, kegiatan yang sifatnya pembinaan ini sebagai bekal bagi wbp saat keluar dari penjara nanti.

“Kami melaksanakan kegiatan pembinaan kepada wbp, yang bisa bermanfaat saat wbp bebas menjalani masa hukuman di penjara. Sehingga tidak lagi melakukan hal negatif lagi, ” pungkas Suparman.