522 Orang Narapidana Lapas Kelas IIA Banceuy Salurkan Hak Pilih di Pemilu 2024, Satu DPT Ternyata Warga Biasa

POJOKSATU.id – Lapas Kelas IIA Banceuy melaksanakan pemungutan suara Pemilu 2024 pada Rabu 14 Februari, dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.


Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Banceuy Ronny Widyatmoko menjelaskan, bahwa proses pemungutan suara oleh para WBP (warga binaan pemasyarakatan) atau narapidana di Lapas Kelas IIA Banceuy berjalan aman dan lancar.

“Dari 522 orang DPT di dua TPS yang ada di Lapas Kelas IIA Banceuy semuanya berasal dari WBP dan petugas Lapas, ” jelas Ronny, Rabu 14 Februari 2024.

Ronny menambahkan, bahwa proses pemungutan suara dilakukan secara bertahap, dengan mengeluarkan WBP dari kamar blok hunian.


“Kami menggunakan pola agar WBP tertib saat melakukan pemungutan suara, dengan mengeluarkan satu blok WBP yang berjumlah 10-12 orang. Hal ini dilakukan agar WBP tetap tertib selama proses pemungutan suara, ” jelasnya.

Dari 522 DPT, Ronny menambahkan ada satu DPT berasal dari warga masyarakat yang bukan penghuni Lapas atau WBP.

“Ada satu nama DPT warga biasa, tadi saya lupa namanya, usianya 30 tahun. Tadi semangat mencoblos di TPS khusus Lapas Kelas IIA Banceuy,” jelasnya.

Kalapas memastikan, seluruh proses pemungutan suara oleh WBP dan petugas selesai pukul 14.00 WIB.

“Selesai proses pencoblosan pukul 14.00 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan suara hingga selesai pukul 18.30 WIB, “pungkasnya.

Kalapas Kelas IIA Banceuy mengucapkan terimakasih kepada kecamatan Bojongloa kidul, pihak kelurahan kebonlega, petugas KPPS, petugas pengamanan dari Polri, TNI yang telah membantu kelancaran proses pemungutan suara oleh WBP Lapas Banceuy.