411 WBP Perempuan di Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung Gunakan Hak Pilihnya di Pemilu 2024

POJOKSATU.id – Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Perempuan Bandung menyiapkan tempat pemungutan suara (tps) bagi warga binaan pemasyarakatan (wbp) perempuan, yang masuk dalam daftar pemilih tetap pemilu 2024. Sebanyak 411 WBP atau narapidana perempuan menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024.


Kepala Lembaga Pemasyarakatan (kalapas) perempuan Bandung Tri Winarsih menjelaskan bahwa pihak Lapas Perempuan Bandung menyiapkan dua TPS, untuk pencoblosan Pemilu 2024 hari ini.

“Untuk TPS kami siapkan dua TPS di lokasi dalam Lapas Perempuan Bandung, dua TPS ini nantinya akan melayani WBP lapas perempuan Bandung yang masuk dalam DPT pemilu 2024,” jelas Tri ditemui di sela pemantauan jalannya proses pemungutan suara oleh WBP di Lapas Perempuan Bandung, Rabu 14 Februari 2024.

Tri Winarsih menegaskan, situasi saat pemungutan suara, sangat kondusif dan lancar.


“Meski cuaca mendung, situasi kondusif dan Aman. Untuk petugas di TPS yang ada di dalam Lapas Perempuan Bandung atau petugas KPPS itu berasal dari pegawai di Lapas perempuan,” paparnya.

Untuk Pengamanan saat hari pemungutan suara, pihal Lapas Perempuan akan melibatkan petugas dari Polri dan TNI.

“Saat pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024 akan dijaga oleh Polri dan TNI yang dikordinasikan bersama petugas pengamanan Lapas Perempuan Bandung, ” jelasnya.

Terpisah Kepala Pengamanan Lapas Perempuan (KPLP) Bandung Elka Yuvita memastikan, bahwa pelaksanaan pemungutan suara di area lapas perempuan Bandung, secara umum berjalan aman dan lancar.

“Kami pastikan bahwa kegiatan pemilu ini dilakukan dalam pengamanan yang ketat di area lapas perempuan Bandung, situasi secara umum aman lancar terkendali,”papar Elka Yuvita.