151 Narapidana Perempuan di Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung Siap Gunakan Hak Pilih Pemilu 2024, Rabu Besok

POJOKSATU.id – Sebanyak 151 orang WBP (warga binaan pemasyarakatan) atau narapidana perempuan yang ada di Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung, akan menggunakan hak pilih di Pemilu 2024 Rabu 14 Februari besok.


Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Perempuan Kelas IIA Bandung Ira Kusumahwati menjelaskan, pihak Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung menyiapkan 1 TPS (tempat pemungutan suara) di dalam area Rutan.

“Kami menyiapkan satu TPS yang nantinya digunakan WBP di Rutan Perempuan untuk menggunakan hak pilih pada pemilu 2024,” papar Ira Kusumahwati, Selasa 13 Februari 2024.

Ira menambahkan, jumlah DPT (daftar pemilih tetap) yang diterima Rutan Perempuan Bandung dari KPU, masih bisa berubah.


“Ya masih bisa berubah, karena di Rutan kan ada dua kategori yang menjalankan hukuman, yakni ada tahanan titipan dan narapidana yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Sehingga data DPT masih bisa berubah, ” jelasnya.

Sementara untuk petugas di Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung berjumlah 51 orang, tidak semuanya mencoblos pemilu 2024 di TPS Rutan perempuan.

“Dari 51 tidak semuanya, ada yang mencoblos di Rutan karena bertepatan dengan tugas dinas, ada yang tidak, ” jelasnya.

Perihal pengamanan saat hari pemungutan suara Rabu besok, Karutan memastikan bahwa petugas Rutan Perempuan kelas IIA Bandung akan berkoordinasi dengan Polri dan TNI selama proses pemungutan suara berlangsung.

“Kami sudah kordinasi dengan Polri dan TNI, dalam hal pengamanan saat hari pemungutan suara. Sementara untuk kunjungan besuk keluarga WBP atau napi Rabu 14 Februari 2024 ditiadakan, ” pungkasnya.