Badan Pengawas Tenaga Nuklir Tegaskan Dampak Gempa di Cianjur Tak Menimbulkan Kerusakan Fasilitas Radiologi Disekitarnya

Bapeten

POJOKJABAR.COM, BANDUNG – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan gempa di Kabupaten Cianjur tidak menimbulkan dampak terhadap fasilitas radiologi di sekitar daerah tersebut.


Koordinator Komunikasi Publik Bapeten Abdul Qohhar Teguh Eko Prasetyo mengatakan, pihaknya belum menerima informasi terkait fasilitas radiologi yang bisa menimbulkan radiasi akibat gempa Cianjur.

“Sampai saat ini kita belum menerima informasi yang pasti apakah ada dampak khusus terhadap fasilitas-fasiltas yang berpotensi menimbulkan radiasi di Cianjur,” kata Abdul saat ditemui wartawan seusai acara Peran Media dalam Mempublikasikan Pengawasan Nuklir di Kota Bandung, Rabu (30/11/2022).

Meski begitu, dia mengaku masih menunggu kabar dari pihak perizinan maupun inspeksi yang tergantung kepada keputusan pimpinan.


Abdul menerangkan bahwa jika ada kejadian gempa di satu wilayah, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) selaku pemegang data fasilitas kesehatan.

“Nah, nanti kita dapat memastikan apakah, ada fasilitas yang terdampak atau tidak, kalau ada apakah ada dampak ke masyarakat apa tidak?” terangnya.

“Mudah-mudah kalau ada informasi dari teman-teman perizinan dan inspeksi kita bisa mengeluarkan release terkait keselamatan fasilitas radiologi terutama di daerah Cianjur,” tambahnya.

Oleh karena itu, Abdul mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan khawatir terkait radiasi akibat gempa Cianjur, selama tidak ada informasi resmi dari Bapeten.

“Kalau ada terjadi sesuatu kita akan informasikan kepada masyarakat. selama tidak ada informasi Insya Allah aman,” tandasnya.(zag)